background

IMPACT from the story

Saat kehilangan bokap, gue baru umur 7 tahun / 2 SD, belum ngerti apa2 seperti yang gue ceritakan di post My story begins here...
Saat itu kaga nangis-nangis sampai gimana banget, belum kerasa , belum kelihatan manifestasi kehilangan bokap gue, tapi dampak yang paling keliatan and berasa banget adalah TRAUMA
Salah satu traumanya, klo liat orang adu mulut, atau lagi sama2 ngobrol dengan nada tinggi / emosi, gw bisa ketakutannya setengah hidup.
Pernah waktu itu gue sama nyokap lagi naik bemo (*tau bemo kan? angkutan umum jaman dulu, yg kecil roda 3), tiba2 supir bemonya itu nye-rempet(nyenggol) atau di-serempet(di-senggol) lupa deh sama mobil pribadi...
Alhasil si supir bemo and mobil pribadi adu mulut, salah2an, minta ganti rugi, dll.
Nah pas liat itu kejadian itu, bener2 bikin gue ketakutan banget banget, keringet dingin, panik,pucet dan sejenisnya..pokoknya gue mau keluar dari tuh bemo, menjauh dari tempat itu yang kondisinya sangat2 membuat gue gak enak. Gue mau pulangggg! Gak mau liat tuh mereka bedua yg lagi salah-salahan, klo ga salah akhirnya gw nangis kejer deh,..

Nyokap bilang itu namanya trauma and harusnya gue dibawa ke psikolog untuk terapi dll, tapi hal itu ga pernah dilakuin sampe sekarang.Bayangkan gue harus mengalami hidup dengan ketakutan semacam itu selama beberapa taun gw hidup dengan ketakutan semacam gitu, tapi akhirnya memang sembuh. Gw yakin itu karena Tuhan yg sembuhin, biar gw belum kenal secara pribadi sama Tuhan, tapi Tuhan udah kenal gue dan dari temen2 nyokap gw juga banyak yg doain gw untuk gw sembuh dari trauma itu.

Trus nih klo gue klo lagi denger salah satu klrg gue atau siapa gitu, lagi cerita tentang kejadian bokap gue, bukan cuma sedih yang gue rasaian, tapi tuh langsung ke review ulang semua and bikin gue takut banget dan ujung2nya gue nangis.

Pengaruh lainnya, pelajaran gue drop banget. Bukan sombong, tapi dulu masuk 3besar dikelas, trus jadi cuma 10besar, makin gede makin ga masuk 10besar. Selanjutnya udah ga tau ranking berapa *hahahahah
Pas dijelasin, dikasih tau sama sodara2 gue, klo hal itu terjadi karena ada pengaruh gue kehilangan bokap dan rentetannya.

Yang di post sebelumnya gue sebut 'dari yang gw cuma tau main-main, seneng, ngikutin orang tua aja, gak mau tau urusan orang gede, tapi akhirnya gue harus mikirin hidup gue lebih cepet. Maksudnya, gue tidak bisa menikmati masa kanak-kanak gue tidak seperti kebanyakan anak-anak lain, jadi gue di tuntun dewasa sebelum waktunya.
Karena semua yang terjadi dari mulai kejadian kehilangan bokap gue, gue cuma bisa nangkep aja, simpen tapi ga bisa ngerti dan gak semua bisa menjelaskan dan menuntun gue, apa yang sebenarnya sedang terjadi, akan gimana, dll..
Contohnya :
Abis kejadian bokap, ada rekonstruksi, pengadilan, masuk media koran, wartawan ada yg dateng kerumah, wawancara, dokumentasi, dll... Gue ga ngerti, gue butuh bertahun-tahun untuk mencerna dan mengerti apa yang sebenarnya terjadi ,dan baru berasa sedih kehilangan setelah gue mulai tumbuh gede.

Tidak bisa menyalahkan kalau gue tidak bisa mendapat jawaban dari orang-orang sekitar gue ttg apa yang terjadi, karena bukan cuma gue dan keluarga gue yang terguncang, tapi semua keluarga besar gue terguncang, karena banyak dampak yang terjadi setelah kejadian ini.
 

to be continued...

Photobucket

3 comments: