background

enjoy your singleness

"Bentar lagi valentine, tapi gw masih single :( " *melow
"Aduh valentine nih ntar lagi, gw lagi jomblo, mending kita kemana yuk atau ngap" *gak mau kalah sama pasangan yang lagi rayain valentine.
"Berharap ada pangeran berkuda putih yang datang bawa bunga dan coklat" *dongeng abis

Kutipan kata2 diatas juga pernah gw ungkapan, karena ga bisa terima dengan status gw yang jomblo / single.

malah ada loh yang demi di hari valentine ga sendiri sampe yang maksa jadian, demi hari valentine ga sendiri. *Oalah, demi hari 1, menderita berhari2.

Valentine itu apa sih memangnya ? hari valentine itu tentang kan hari kasih sayang,
hari kasih sayang juga bukan berarti harus sayang2an sama pacar / kekasih.
Disekeliling kita ada orang tua , adik, sahabat2.Dan kasih sayang tidak bisa dibuktikan dengan satu hari ini aja , tetapi dengan tindakan setiap hari.

Valentine berbicara tentang KASIH. Apakah kasih itu ?
dalam Alkitab arti Kasih itu di 1 kor 13:1, coba deh kita baca and renungkan lagi , sebagai anak2 Allah sudahkah kita penuh dengan Kasih yang seperti itu. Sudah kah kita melakukan kasih itu ?

Buat gw semakin belajar ttg kasih seperti dalam 1 kor 13 itu semakin butuh anugrah untuk melakukannya, semakin menyadari kasih karunia Allah buat gw dan belajar bahwa melakukan kasih dalam hidup ini gak pernah selesai karena Kasih itu dalam panjang lebar dalam luas artinya, karena Kasih itu adalah Allah sendiri.

back to topic SINGLE, dulu pandangan gw itu sesuatu yang "kasihan", negatif, mengerikan, ga laku, ada yang kurang karena cuma satu, sedangkan katanya Tuhan menciptakan manusia berpasang-pasngan, kenapa gw gak da pasangan ?
Padahal sbnrnya Tuhan tidak menciptakan manusia berpasangan, tapi menciptakan Adam sendiri terlebih dahulu, Hawa sendiri. Selagi Tuhan menciptakan Hawa, Adam dibuat tertidur dan Allah membentuk Hawa.itu salah satu contoh pembelajaran ttg paradigma yang salah. dan beberapa ada yang udah gw post I'm complete in Him, Beauty of Waiting, Love my self

Setelah tau kebenaran FT tentang single, semakin hari semakin mengerti lebih banyak tentang single, totally enjoy , sampai detik ini gw masih bisa bersyukur banget masih single tanpa hubungan dengan siapapun.

Baca deh post beberapa temen2 lain ttg point view of single and apa yang membuat mereka bisa menikmati masa single mereka spt kak Mega viryani yang belajar bahwa masa single itu anugerah, Kezia yang belajar menikmati Tuhan dari virus "Lonely", Sylvia & Nonik   menemukan bahwa hidup single itu hidup yang bergantung sama Tuhan.

Dan selama menjalani masa single gw ngedapetin pembelajaran penting,
Masa single melatih puas dengan diri sendiri yang sudah Tuhan kasih ,
Pelajaran penting : belajar fokus sama Tuhan, bergantung sama Tuhan sepenuhnya, bukan yang lain apalagi pria(lawan jenis).
Dengan fokus ke Tuhan,dari situ Tuhan semakin mengajar gw banyak hal banget,  karakter di asah, mendewasakan gw.
Lewat proses demi proses itu jadinya gw semakin belajar mengenali diri gw sendiri lebih lagi, identitas jati diri sendiri, menemukan panggilan, visi misi dari Tuhan , pola Tuhan ke gw, semu gw dapetin personal bukan karena menyesuaikan dengan siapa, bukan mencari dari mana2, atau karena siapa, bayang2 orang lain apalagi pria / lawan jenis, tapi karena gw belajar fokus sama Tuhan.
bisa melakukan banyak hal yang belum orang yg ga single lagi bisa lakukan. Bisa mau pergi kemana aja, mencoba2 hal2 baru apa aja, ke tempat yang ekstrim sekalipun. Bisa pelayanan kemana2, kapan aja, tanpa harus ijin , paling sama ortu, tapi krn sudah dewasa nyokap gw sih percaya banget gw mau kmn aja.
Share dari para wanita2 yg sudah menikah di Wanita Bijak, single punya kelebihan, ga perlu memikirkan siapa2 klo lagi pergi yang jauh atau untuk menginap, mentok2 kerjaan,. beda sama yang sudah punya keluarga, mau kemana2 yang dipikirkan lebih dari satu, pekerjaan rumah, suami dan anak2nya.

Single is not only about status, tetapi keadaan kita. Single itu utuh, tunggal, whole, complete. 

Ketika gw mengajak bbrp temen yg sudah punya pacar/sdg bangun hub untuk acara ikutan wanita bijak single, respon mereka kebanyakan "heran".
"Tapi gw kan udah ga single lagi" *toeng
Berarti klo udah punya pasangan jadi double ? itulah kebanyakan salah persepsi dari orang2 yang ga mengerti kata2 single. Beranggapan gak punya pasangan jadi gak utuh.

Gw pernah baca / denger dimana lupa,(sptnya sih baca buku Lady in Waiting) ketika single diri mu tidak puas, setelah menikah/pacaran/bangun hubungan pun, perasaan tidak puas itu akan tetap ada jika kita menemukan rasa puas itu dalam Tuhan, karena cuma Tuhan yang bisa membuat diri kita puas, bukan yang lain.

Status single boleh sama, tetapi bagaimana menjalani, menikmati masa single itu pilihan. 

Klo gw dan temen2 yang lain bisa menikmati masa single kita, kalian juga pasti bisa.
Bukan bisa atau tidak bisa, tapi mau atau tidak mau kamu menikmati masa single.
Klo gw setelah mendengar kebenaran ttg single, mau dan memutuskan untuk menikmati nya. dengan anugrah dan kebenaran FT gw bisa menikmati masa single sampai sekarang. karena menemukan kepuasan single itu dalam Tuhan.

Enjoy your singleness !

Photobucket

7 comments:

  1. btulllll....!!!! Setuju.....!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak mega semangat banget, tanda seru nya banyak :D , hehehe

      Delete
  2. hahahaa good posting =)
    i love it..
    bener bangeeed felis ada banyak hal yang bisa kita lakukan selagi kita single.. Singleness is a gift.. tergantung cara kita memandang kado tersebut..

    ReplyDelete
  3. Aduuh, totally agree sama banyak kalimat di post inii.. Pokoknya being a single is a blessing!! Aku ijin share yah ;)

    ReplyDelete
  4. luar biasa! jempol buat depot and Our GOD- esther

    ReplyDelete