background

Apakah dunia lain itu ada?


Written for Majalah Pearl Ed 18 
‘Ihhh merinding nih gue, ada setan lewat kayanya.’
‘Katanya disana ada penunggunya loh, cewe rambut panjang bla bla…’

‘Jangan lupa bilang permisi atau numpang-numpang loh kalau lagi lewat daerah yang sepi dan anker, nanti kalau enggak bisa di gangguin’

*Jangan takut dan merinding disko ya baca contoh pernyataan-pertanyaan diatas, ini cuma contoh dan kita mau ungkap kebenarannya*



Tentunya kalian sudah tidak asing dengan pernyataan-pernyataan diatas, apalagi budaya negara kita identik dengan hal mistik. Di beberapa stasiun tv juga ada yang menayangkan acara yang sengaja menelusuri tempat-tempat tertentu untuk membuktikkan keberadaan mahkluk dan dunia lain. Biasanya dengan uji nyali atau di setiap acara mendatangkan cenayang/paranormal yang akan memberitahukan keberadaan mahkluk-mahkluk itu. Sebenarnya dunia para makhluk lain seperti kuntilanak, pocong, genderuwo, jin dan lainnya bener ada ga sih?



Coba kita lihat dari kitab kejadian,dimana Tuhan mulai menciptakan awal kehidupan dunia ini. Dari hari pertama sampai terakhir Tuhan menciptakan langit dan bumi, siang dan malam, cakrawala, laut  dan daratan ; tumbuh-tumbuhan; benda-benda langit; binatang-binatang ; dan terakhir manusia yang serupa dan segambar dengan Allah. Tuhan tidak menciptakan makhluk bernama pocong, kuntilanak, dan lainnya. Memang tertulis ada ciptaan lain yang membuat manusia melanggar perintah Tuhan, yaitu iblis yang menjelma menjadi ular. Inilah yang iblis kerjakan dari dulu sampai sekarang, manipulasi dan kamuflase. Salah satunya dengan sengaja mengambil wujud menyeram yang disesuaikan dengan budaya setempat dengan tujuan membuat manusia takut. Karena sejauh ini para mahkluk yang berwujud itu hanya dapat ditemui dinegara tertentu Misalnya kuntilanak, pernah gak denger kalau orang di negara lain ketemu sama kuntilanak? So far aku gak pernah denger kalau di negara barat ketemu setan lokal Indonesia. Begitu dengan mahkluk lain seperti drakula dikenal di negara barat, vampire hanya di negeri cina, dan seterusnya.



Mungkin ada alasan lain untuk membuat kita takut, karena katanya mahkluk-mahkluk itu adalah roh manusia yang meninggal dengan tidak wajar, lalu gentayangan dan menjadi roh penasaran. Atau bagaimana jika yang kita lihat adalah orang yang kita kenal yang sudah meninggal?  Apa kebenarannya untuk para roh yang sudah meninggal? Apa benar mereka bisa mengunjungi dan bisa kita lihat? Dalam kitab ayub, disebutkan bahwa mereka yang sudah mati tidak akan kembali ke rumahnya, tidak dikenal lagi  (Ayub 7:9-10). Mengambil wujud yang menakuti adalah salah satu cara kerja iblis dan masih banyak cara kerja lainnya untuk membuat kita takut dan tidak taat pada Allah.



Sebenarnya kita tidak perlu takut karena iblis ini tidak lebih dari kita stratanya. Iblis adalah malaikat yang sebenarnya tidak punya kehendak, tapi dia memberontak Allah, mau menyamai Allah oleh sebab itu Allah melemparnya ke bumi.(Yes 14:12-15) . Hanya kepada manusia Allah memberkati ,memberi kuasa dan perintah untuk  memenuhi, menaklukkan dan berkuasa atas makhluk lain yang ada di bumi. (Kej 1:28). Dan iblis mau membuat manusia ciptaan paling mulia atau tertinggi diantara ciptaan lainNya untuk mengikuti jejaknya yang memberontak Allah.



Dunia para mahluk yang menakutkan memang tidak ada, tetapi ada kehidupan lain yang memang tidak terlihat secara kasat mata yang mempengaruhi kehidupan kita. Dunia alam roh dimana Allah sendiri berada(Yoh 4:24, 2 Kor 3:17) serta para malaikatnya. Dan dari dunia ini juga iblis yang adalah malaikat yang memberontak berupaya sampai sekarang untuk membuat manusia ciptaan Allah yang segambar denganNya percaya dengan manipulasi dan kebohongannya dari pada apa kata Tuhan (kebeneran) tidak taat dan tidak percaya kepada Allah.



Apapun pekerjaan roh yang kita temui atau yang sedang kita alami sebenarnya kita tidak perlu takut terhadap mereka. Jika pekerjaan itu adalah buah-buah roh , berarti itu berasal dari Allah. Tetapi jika itu hanya menimbulkan ketakutan , kita bisa tolak apapun yang iblis berusaha kerjakan terhadap kita. Karena iblis sudah dikalahkan Yesus dikayu salib.  


 “supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada dibawah bumi”
 Filipi 2:10


Mereka adalah pemerintah-pemerintah, penguasa-penguasa, penghulu-penghulu dunia yang gelap, roh-roh jahat yang harus kita lawan (Efesus 6:12) dalam kekuatan kuasaNya, bukan kita hormati atau kita takuti. Tubuh kita juga terdiri dari roh dan karena kita adalah anak-anak Allah, Tuhan tempatkan Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia (1 Yoh 4:4), jangan takut terhadap jenis roh apapun yang berusaha menakuti kita.

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama. Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin.(1 Pet 5:8-11)


dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus, (Efesus 6:18)

Photobucket

No comments:

Post a Comment