background

Rut or Orpa ?

Sehubungan dengan pembelajaran tentang keterikatan emosi yang kemarin sempet gw tulis and share , yang membuat gw jadi udah tau tindakan bener yang harus gw lakukan itu apa.
Gak gampang untuk melakukan apa yang udah gw tau bener. Betul ? klo kata orang, ga segampang membalikkan telapak tangan. hahah... tapi seriously gak gampang ninggalin kenyamanan gw secara emosi.

Dari pembelajaran itu gw bersyukur, biarpun nyadarnya agak telat dapetin pembelajaran ini , tapi berasa penyertaan Tuhan dalam hidup gw. untuk tetep keep on His track.

Gw cerita kan yang abis2an gw tertuduh, abis2an juga sebenrnya gw di"hajar" Tuhan.
Salah satu statement / pertanyaan yang Tuhan bilang ke gw, supaya gw mikir sendiri.
"Trus aja devi gak dengerin, hub yang ga da dasar itu ga akan berhasil. kamu siap 'sakit' ? Aku terserah, tidak melarang devi untuk lanjutin hal ini , tapi sampai kapan pun kamu maksa, kamu gak akan bisa lari dari panggilan-mu, karena dari awal devi udah dirancangkan untuk memenuhi panggilan-mu. Jadi sebelum melihatnya ujung2nya pasti gak berhasil, sakit belakangan, mending sakit sekarang"

abis ditegur abis2an sama Tuhan, gw langsung memutuskan secara pribadi untuk gw cut, bener2 cut, ga da perlahan2, langsung CUT !
gw cerita juga sama para spiritual leader gw, biar nolong gw untuk melakukan supaya komitmen gw itu tercapai. Ya intinya gw ga da ga enak2an deh, gw cut bener2 untuk langsung mengalihkan fokus gw lagi ke Tuhan. 

Udah beres nih hati gw, udah gak napa2, udah bisa cut. Si X yg gw sebut kmrn nyari juga hati gw udah gak struggle dengan apa yang harus gw lakuin. Tapi ditengah hari2 berikutnya , gw jadi mulai beralih fokus lagi dari Tuhan.

Baru aja kmrn itu gw baru aja re-komitmen, renungin ttg "Mengasihi Tuhan segenap hati, jiwa, akal budi, kekuatan" supaya firman itu smakin jadi hidup gw. Eh gak bisa gw hidupin tuh ayat lagi, yang dihati gw bukan 100% Tuhan, tapi yang mengendalikan perasaan gw yang pengen nyaman, akal budi gw lagi gak mikirin Tuhan all day.
Berasa nya kaya ujian. padahal ini pencobaan karena keinginan sendiri. Karena ternyata setelah digali, penyebab gw bisa ga fokus lagi sama Tuhan. Gw menemukan ada kekecewaan gw sama Tuhan. Dia bilang akan terjadi menuju ke situasi A, tapi yang gw lihat sampai hari itu, ga da tanda2 akan terjadi A.  Klo mau kejadian A, harus tuh begini begitu. Tapi ini mana, ga da tanda2 terealisasi. Gw berasa kaya orang 'gila' punya impian sebegitunya, gw jadi ga sadar hal itu namanya mempertanyakan Tuhan. Belum beresin ke Tuhan, jadi bikin fokus gw gak ke Tuhan lagi. But ending of this matter, Tuhan dengan lembut kasih tau ke gw klo jalanNya, rencanaNya itu bukan jalan atau rencana gw, gw diminta Tuhan untuk percaya sama rencana Dia.

Fiuhhh, emang ga gampang ya ujian iman itu.
Dan pembelajaran menariknya lagi, pas suatu hari gw sate baca tentang rut, abis selese baca perikop.
Tiba2 Tuhan tanya aku mau menjadi orpa atau rut ?
Perikop yang gw baca lagi tentang Naomi yang mau balik ke Yerusalem sama dua menantu nya, Rut and Naomi. Tapi ditengah jalan Naomi nasehatin untuk menantu2nya ini balik aja ke negri asalnya, klo gw bayangin dialog Naomi gini sama dua menantunya
"Kayanya lebih baik kalian be2 balik ke rumah orang tua kalian , karena ngapain juga ikutin saya, gak jelas akan jadi apa, belum tentu bisa menikah lagi. Saya udah tua, belum tentu bisa married lagi untuk bisa kasih anak juga untuk menebus kalian. Klo punya anak juga, masa kalian mau nungguin anak yang akan lahir itu sampai besar. Kalian keburu tua. Jadi yang pasti2 aja, balik kerumah orang tua kalian"

Tetapi Rut : memilih hal yg keliatannya aneh, ngikutin mertua yg sedang kepahitan, blm tentu / kemungkinan ga married, ga pernah ke bangsa Israel sebelumnya. Tapi satu yg pasti, Dia mengikuti Allah yang jelas.
Tetapi Rut menjawab, "Ibu, janganlah Ibu menyuruh saya pulang dan meninggalkan Ibu! Saya mau ikut bersama Ibu. Ke mana pun Ibu pergi, ke situlah saya pergi. Di mana pun Ibu tinggal, di situ juga saya mau tinggal. Bangsa Ibu, itu bangsa saya. Allah yang Ibu sembah, akan saya sembah juga. (Rut 1:16, BIS)

sedangkan Orpa : memilih pilihan sesuai arus, yg biasa dipilih, yg dinasehatin naomi, yang keliatannya emang lebih baik / lebih jelas balik kerumah orang tua / negri dia, supaya bisa dapet suami lagi, ya standard2 aja deh.
Karena pilihannya, Nama orpa tidak pernah disebut lagi.
Tapi karena pilihan rut, nama dia jd inspirasi, teladan dan menjadi nenek moyang keturunan juru selamat

Tuhan tanya gw mau jadi yg mana ?
Gw jawab : RUT. (karena gw mau nya begitu, tapi untuk menghidupi itu , butuh anugrah, kekuatan Dia. pake kekuatan, perasaan gw, ga sanggup. Tapi sambil gw confess dijurnal komitmen dan pernyataan iman gw untuk dihidupi)

Gw memillih yang mungkin sekarang ga enakin keadaannya menurut pandangan gw, tapi ini proses Tuhan buat gw. Untuk tidak lebih mementingkan yg pntg ada yg mau sama gw, yang penting married, tidak memilih mengikuti emosi and perasaan gw karena tersanjung dikejar mulu, nyaman diperhatiin dan bisa caring juga. 


Gw mau lebih memilih mengikuti kebenaran dan kehendak Tuhan untuk aku hidupi, sekalipun rasanya sakit "mematikan diri" itu.
Karena memang aku hidup bukan lagi aku yg hidup, melainkan Kristus yang hidup dalam diri ku.
Sekalipun gw ga tau apa yg akan terjadi, kapan janji2 Tuhan tergenapi, gimana jalan ceritanya,biar sampe detik ini janji2 yg Tuhan kasih tau ada yang belum keliatan tanda2 akan terealisasi.
Belum bisa melihat apa2 dengan jelas skrg.

 tapi YANG PASTI, aku mengikuti Allah yang jelas, setia, Allah yang memberi masa depan yang penuh harapan, dapat dipercaya, meyakinkan, tidak pernah meninggalkan aku, tidak pernah ingkar kanji, and HE is trully MY PRINCE, yg kasih gw cinta sejati, berkelimpahan, My savior and Lord.

Yang sampai saat ini, gw sudah melihat apa yg dijanjikan tergenapi , pasti nya akan tergenapi juga apa yang belum tergenapi. KEEP IN FAITH for me !

Bener itu saat2 lagi dipersimpangan utk bener2 menghidupi pilihan seperti rut atau jangan2 pilihan orpa yg gw hidupi..
waktu itu sampe nangis2 sama Tuhan, untuk penyerahin lagi kenyamanan untuk diperhatiin dan memperhatikan.
Sakit rasanya untuk nyerahin diri gitu.
tapi gw bilang sama Tuhan. "Gw ga sanggup deh klo pake kekuatan sendiri, tp Tuhan yg kasih kemampuan.percaya aja deh sama Tuhan, apapun yg terjadi, gw cm mau nempel sama Papi"

Photobucket

6 comments:

  1. Waaaa~ semangaaaat~ Tuhan pasti punya rencana indah buat hidupmu :) heheeh~ you choose the right things :) Gbu~

    ReplyDelete
  2. Smangaaad yaaa Felis.. You did your part and God will do His Part..
    bless you =)

    ReplyDelete
  3. Aku juga mau pilih jadi seperti Ruuuutt! Yuk kita terus berjuang Deeev, memilih yang terbaik.

    Kasih karunia.. butuh kasih karunia.. Gbus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih kak, harus terus berjuang.
      betul banget, only by grace bring to the grace :D

      Delete