background

Keterikatan Emosi tanpa dasar

Tentang Keterikatan Emosi ini mungkin ada yang udah pernah baca yang ditulis sama ci Lia, ci Grace dan Ci Shinta. Gw juga udah pernah baca, tapi kali ini ngalemin, diajar Tuhan langsung and ngerti nya baru sekarang. Makanya kali ini gw mau nulis dari pengalaman gw sendiri,  yang namanya keterikatan emosi tanpa dasar.

Jadi ceritanya gw lagi di deketin sama seseorang , sebut aja ya si X.
Gw udah tau dari awal klo dia itu nyari2 gw itu ada sesuatu, dia coba cari gw mulu. Awalnya sih gw cuekin, males ladeninnya, udah ketauan gitu gak murni, dan memang bukan tipe2 yang perlu gw doain.
Tapi nya nih, lama kelamaan gw jadi banyak ngobrol sama x (walau ga tiap hari) nge bahas hal2 general , menyangkut kerjaan masing2. Pokoknya jadi makin nyambung.
Eh lama2 gw berasa ada yang beres nih kayanya sama gw. Gw kok jadi bingung klo ga dicariin sama si X, jadi udah mulai bisa sepintas kepikir ttg si X, gw sempet deny dan ga tanya sama Tuhan mengenai hal ini.
Makin lama ya, alarm alias roh kudus yang ingetin dalam diri gw makin kuat, karena makin lama gw jadi menemukan diri gw jadi lebih milih semangat luangin waktu gw sama si X daripada gw sama Tuhan.
Aduh bener2 gawat, SOS.
Sebenarnya Tuhan sempet nogmong, ga usah diladenin, tapi gw deny. Gw trus ladenin let it flow, karena nyaman. Jadinya bener2 habis2an tertuduh banget gw, sama sikap deny gw .
Gw lagi pas baca buku apa, bisaan pas aja lewat tuh buku menegur gw, yang intinya kesalahan gw karena gw sebenarnya udah kasih sinyal yg salah untuk dia bisa ngejar gw trus.

Kali ini gw bener2 lari ke Tuhan, tanya Tuhan gw itu kenapa, minta  Tuhan bukain / ajarin gw pelan2.
Tuhan bilang gw itu lagi ketergantungan emosi. HEH? Masa iya ?

Tuhan tanya "Klo someday gw punya suami, dan suami gw itu lagi tidak sedang memenuhi emosi gw, tiba2 ada orang lain yang masuk (kemungkinan pria) yang memenuhi emosi u, apakah gw tetep bisa setia? tetep bisa tidak berselingkuh secara "emosi" ? Secara status ga da apa2, tetep jadi istri seseorang, tapi secara emosi ???"
Buset deh pertanyaan Tuhan kaya gitu, menampar gw dan dalem benerrr!!

Banyak yang Tuhan ajarin, kasih tau lewat kejadian ini, tapi yang lebih mau gw bagikan adalah soal "ketergantungan emosi", karena gw sudah terikat emosi sama nih orang.
Suka sih gak, karena dari awal gw udah tau tipe kaya gini gak bakal gw doain, ga punya dasar kebenaran apa2 untuk gw bisa suka sama si X apalagi untuk bangun hub lebih lanjut. Tidak ada hub sama Tuhan, tapi ttp "main2", mau memanjakan perasaan gw. Gw juga baca ulang tulisan ci Lia dan Ci Grace supaya gw makin ngerti juga.

Makin digali, baru gw sadar. Tenyata hal kaya gini dulu suka gw alami atau lakukan.
Dulu gw klo di deket sama orang,memang gak pernah sampe jadian, karena gw tau bukan, tapi ada beberapa yg gw respon balik karena gw 'suka', dia bs buat gw nyaman, jadi memutuskan untuk tetep deket / keep contact, diperhatiin gw mau2 aja, ga pernah cut soal saling care. 

Sampe akhirnya klo ada perubahan2 dalam kedekatan itu atau tuh cowo berpindah haluan, gw bisa sakit hati sendiri. Padahal jadian aja gak, tp sakit hati. 
Itu namanya udah keterikatan emosi.

Padahal gw emang gak bakal jadian, cuma gw demen sama keterikatan emosi itu.
Ya bingung lah ya cowo kali.
Tapi bersyukur sekarang udah tau batesan klo gw mulai terikat secara emosi pada orang yang salah, jadi udah ada alarm klo gw ga beres.

Keterikatan emosi itu tidak baik, emosi harus bener2 dijaga sesuai kebenaran, emosi kita harus tunduk pada kebenaran, bukan emosi yang menguasaui. Dalam hubungan berkomitmen, apalagi dalam hub yang ga jelas dasarnya apa, tujuan nya kemana, itu amat sangat perlu dijaga emosi dan di cek dasar bangun hub itu apa.

Jangan sampe karena cuma 'emosi' membenarkan yg seharusnya tidak oleh apa kata Tuhan, jangan sampe 'emosi' lebih menguasai, jangan sampe 'emosi' jadi pembenaran diri, pembelaan dari apa yang kita lakukan.

Dulu gw bisa bilang "gw bisa ada rasa suka sama dia, mungkin ini dia dari Tuhan / jodoh, soalnya gw gak gampang suka sama orang" WATCH OUT !!
Digali dulu apa yang mendasari ketertarikan kita sama orang itu, apakah sesuai kebenaran, sesuai kehendak Tuhan ?

gw pribadi dulu juga suka membela diri dengan asumsi ga beres gw, "gw bisa suka sama orang itu anugrah. dia bisa buat gw suka sama dia , berarti...He's the One" (gak banget kan asumsi pemikiran gw)

HATI-HATI ! jangan2 pria itu tau kelemahan wanita, jadi dia memanfaat / mempergunakan kelemahan kita, untuk jadi menarik , karena biasa kelemahan kita di emosi, kita jadi bergantung emosi sama dia.

Atau kalian para wanita, yang mau 'menggoda' menarik minta perhatian , manja secara emosi, pada orang2 yang punya kelemahan tertentu, supaya orang itu bergantung emosi sama kita.

Gw dulu pernah dikasih tau juga (walaupun baru ngertinya skrg, karena baru ngalamin skrg) klo urutan yang benar soal bangun hub, sesuai urutan awal penciptaan:

Roh dari Allah -> menguasai jiwa -> menguasai tubuh. (dibuku Authentic Beauty-nya Leslie Ludy juga ditulis, nasehat dari Bapaknya Leslie)

Tapi karena kejatuhan manusia, kemerosotan manusia, 3 urutan itu jadi terbolak balik..
Jiwa lebih menguasai, udah terikat emosi, membenarkan bahwa dia adalah orangnya dari Tuhan.

Udah peluk2an, merasa udah deket, padahal itu cuma soal fisik, secara jiwa belum tentu, apalagi secara roh.
Atau ada cewe yang sudah memberikan tubuhnya merasa, sudah bisa mengikat pria itu gak kmana2, sudah aman, padahal jauh dari kebenaran.

Seharusnya roh terlebih dahulu yang menjadi penentu dalam kita bertindak, apa yang kita lakukan, termasuk relationship. berarti harus sesuai kebenaran, bukan cuma emosi.
Karena roh yang Tuhan taro dalam diri kita, adalah roh yang berasal dari Dia.

Coba di cek, Apakah hub yang sedang kita bangun, atau hub dengan sesama yang kita lagi deket, berdasarkan kebenaran atau emosi aja ?

pesannya : jangan marah atau tersinggung kalau pembina, pemimpin atau otoritas kita (otoritas rohani) menanyakan ttg hub yang sedang kita bangun atau jalani. "Tujuan kalian bangun hub apa ? Dasar kebenaran hub kalian apa ?"

Karena jangan sampe bangun hub cuma sekedar memenuhi kebutuhan emosi.

Mau donk hubungan yang kita bangun itu jadi berkat buat orang lain, berkat itu indentik dengan Tuhan, klo mau hub kita jadi berkat, ya sesuailah apa kata Tuhan / kebenaran.

Untuk melihat sehat tidaknya hubungan kita dengan pasangan, sesuai kebenaran pa ga, butuh sudut pandang / kacamata dari orang lain. Perlu melibatkan otoritas kita (otoritas rohani) apakah hubungan itu seseuai kebenaran pa ga, sehat pa ga.

Klo ga bisa peka denger suara Tuhan, Tuhan bisa berbicara lewat orang tua yg adalah wakil Tuhan, pemimpin mu yang berjaga2 atas rohani mu, jangan bebal atau berjalan sesuai dengan pengertian diri sendiri.

Hubungan Keterikatan Emosi yang ga baik bukan cuma berlaku buat hub pria & wanita, tetapi hubungan persahabatan sesama jenis juga bisa, terutama wanita degan wanita yg adalah mahkluk emosi.
Seperti yg pernah gw pernah alami, dulu deket banget dengan sahabat wanita sebut aja si Y, label nya hopenk, sahabat deket banget, kmana2 slalu bareng, ada gw ada dia. tapi itu sebenarnya ga sehat.Orang banyak yg comment, and gw be2 juga kadang menyadari, kedekatan kita kaya orang pacaran..hahah (tapi kita be2 tetep normal)
Gw pribadi sangat menggantungkan diri gw sama si Y, klo si Y deket sama orang ga menyertakan gw, gw bisa merasa terancam posisi gw sebagai seorang temen baik.

Karena tipe gw Plegmatis, trus mungkin juga karena trauma / latar belakang keluarga gw, yg secara emosi tidak dipenuhi, gw membutuhkan orang yang bisa gw deket selalu, gw 'layani'. Ketemu deket sama orang tipe Sanguin, yang sedang jadi orang penting, didektin / dilayani, gw cari2 trus. Jadi nya memang deket, sahabat, tapi tidak sehat & tidak membangun, karena gw berfokus pada dia, bukan Tuhan & dia memanfaatkan emosi gw sbg kenyamanan dia juga.

Sekarang sih setelah pulih, ngerti kebenaran, gw udah gak kenapa2 klo dia mau temenan ma siapa, gw gak di cariin juga ya gpp. Gak kaya dulu, klo gak dicariin berasa "gw kenapa ya".. gak menjadikan dia sebagai sandaran gw, fokus gw ke ke Tuhan, mau yang lain gimana, tidak mempengaruhi gw.

Ini Link ttg keterikatan emosi dari ci Lia & ci Grace yang gw sebut diatas.. Yang belum pernah baca silahkan baca, supaya bisa membuat kalian makin ngerti ttg "Keterikatan Emosi"

  • http://www.facebook.com/notes/tuhan-masih-menulis-cerita-cinta/batasan-emosi-dalam-pacaran/10150155378187962
  • http://mikeloveslia.blogspot.com/2011/04/emotional-dependency-watch-out.html
  • http://www.facebook.com/notes/tuhan-masih-menulis-cerita-cinta/blessings-through-boundaries/10150156246637962
Photobucket

2 comments:

  1. Nice post Fel. Jadi inget ayat kalau kita tidak membenci keluarga kita, kita tidak layak buat kerajaan Allah. Lewat tulisan kamu ini jadi nangkep soal keterikatan emosi dari ayat itu.

    Keterikatan emosi tanpa dasar emang bahaya. Yang udah komitmen buat merit aja bisa susah buat ngejaga hati biar ga keterikatan emosi (ngalamin :p) apalagi yang cuma main-main karena ngerasa nyaman. Lebih baik jangan berani-berani menikmati hal yang tidak sepatutnya kita terima sebelum waktunya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lasma, untuk menjaga hati, jiwa tetep mengutamakan Tuhan itu ga gampang.

      "menikmati hal yang tidak sepatutnya kita terima sebelum waktunya", -> iya agree, ini aku juga dapetin pas baca buku Boy meets girl, dimana emang iblis "ngajarin" kita untuk mencuri "masa" yang belum waktunya kita nikmati

      Delete