background

Learn from yudas iskariot

Lagi baca ulang kitab injil, dan memperhatikan hidup yudas iskariot.
Kalau dari yang gue baca ,  gue melihat si yudas ini ga sadar kalau dia di "drive" sama Iblis.
Sempet bertanya-tanya sih, entah apa akar yang membuat dia bisa di drive Iblis, apa karena fokus dia uang , atau meremehkan perkataan2 Yesus yang sudah memperingati dia.

Yudas iskariot itu padahal 12rasul yang terpilih diantara banyak murid loh, ikut Yesus kemanapun ,bayak bareng sama Yesus, dipercaya, melihat mujizat yang Yesus lakukan. tapi kenapa dia bisa mengkhianati Yesus ya ?

Tuhan bilang ke gue "Ya bisa aja, klo ada celah buat iblis masuk"
Lukas 22:3
Kemudian Iblis memasuki Yudas yang disebut juga Iskariot, yaitu seorang dari kedua belas pengikut Yesus. (BIS)

Yoh 13:27
Segera setelah Yudas menerima roti itu, Iblis masuk ke dalam hatinya. Lalu Yesus berkata kepadanya, "Lakukanlah cepat apa yang mau kaulakukan." (BIS)
 
Gue pernah denger juga point view lain tentang alasan yudas menjual Yesus dari khotbah di ibadah gereja lokal , sangking memang Yudas berpikir keuntungan uang,  mungkin pikir yudas, Yesus itu kan Tuhan, pasti dia bisa melarikan diri klo ditangkep. Gak mungkin lah dia ketangkep, selama ini aja Yesus mau ditahan oleh para ahli taurat , farisi tapi ga berhasil. bisa juga sih begitu pemikiran Yudas.

Entah kapan sebenarnya Yudas "kemasukan" iblis, awal dia buka celah buat si iblis, apa sebab nya, intinya YUDAS MEMILIH DI KENDALIKAN IBLIS.

Sebenarnya tanpa pengkhinatan Yudas, nubuatan tentang kematian Yesus akan tetep terealisasi, tapi Yudas memilih menjadi bagian untuk ada dalam bagian pengkapan Yesus dengan "mengkhianati" Yesus, karena dari yang gue baca, tidak ada nubuatan Yesus akan dkhianatin orang terdekat atau muridNya. (*koreksi klo salah ya)

Mar 4:12
Memang Anak Manusia akan mati seperti yang tertulis dalam Alkitab. Tetapi alangkah celakanya orang yang mengkhianati Anak Manusia itu! Lebih baik untuk orang itu kalau ia tidak pernah dilahirkan sama sekali!" (BIS)

Penangkapan Yesus ditaman Getsemani itu, karena memang waktu Allah, bukan karena Yudas, tapi Yudas memilih untuk jadi "bagian pekerjaan iblis"

Ahli taurat, imam, farisi, sebenarnya kalau mau menangkap Yesus kenapa gak dari kemarin, sering ketemu di bait Allah, sinagoga.
Saat di getsemani, sebenarnya mau nangkep Yesus juga gak pake bukti apa2, tapi Yesus "menyerahkan diri" karena tau "sudah waktu nya"

Mar 14:49
Setiap hari Aku mengajar di Rumah Tuhan di depan kalian, dan kalian tidak menangkap Aku. Tetapi memang sudah seharusnya begitu, supaya terjadilah apa yang tertulis dalam Alkitab


Yang gue belajar dari kejadian penangkapan dan pengkhinatan Yudas :
Rencana Allah itu terus berjalan, ga akan ada yang bisa meghalangi penggenapan rencana Allah. Pilihannya kita mau ada dalam rencana Allah untuk kemuliaanNya, atau malah memilih menjadi ada dalam rencana si Iblis ?  
Membuat gue mau trus melakukan introspeksi diri dihadapan Tuhan setiap saat, apa yang gw lakukan itu sesuai kehendak dan kebenaran Tuhan pa ga, atau malah melenceng dari kebenaran Tuhan. 

Kita menjadi Kristen, ada dalam komunitas Kristen, berteman dengan orang Kristen, tidak menjamin seseorang itu lepas dari kesempatan di goda iblis. Siapapun kita, posisi pelayanan seseorang, gak bisa lepas dari godaan, kesempatan digoda iblis. Maka dari itu perlu Berjaga-jagalah ! jangan sampe tanpa sadar kita dipake iblis.   
Gak mau buka celah, gak mau tanpa sadar, menurut pandangan gue baik, tapi itu sebenaranya bertentangan dengan kehendak Tuhan. Yang ternyata support rencana Iblis, bukan rencana Tuhan. Dan butuh orang lain, komunitas yang sesuai kebenaran untuk menjaga / menilai hidup gue juga klo melenceng.

Pekerjaan iblis : Mencuri, membunuh dan membinasakan. Itu yang Iblis lakukan terhadap Yudas mengajarkan Yudas rakus terhadap uang, dengan menjual Yesus mendukung penangkapan Yesus.  Baru setelah sadar perbuatan nya, Yudas merasa bersalah setengah mati, tapi tidak mau bertobat / tidak mau berbalik (tidak seperti Petrus), yang akhirnya Yudas bunuh diri. Dirinya yudas binasa akibat rasa bersalah nya atas pengkhianatannya.   
Klo nyadar salah, tapi udah berbuat dosa. Atau ditegur karena salah, cepet2 bertobat minta ampun sama Tuhan dan balik ke jalan yang bener, bukan hanya bersalah tapi gak bertobat, yang ada semakin dalam masuk ke dosa itu dan ujung2 nya bisa "membinasakan" diri gue

Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku. Lihatlah, apakah jalanku serong dan tuntunlah aku di jalan yang kekal ! - Maz 139 : 23 - 24

Photobucket

6 comments:

  1. Rencana Allah itu terus berjalan, ga akan ada yang bisa meghalangi penggenapan rencana Allah. Pilihannya kita mau ada dalam rencana Allah untuk kemuliaanNya, atau malah memilih menjadi ada dalam rencana si Iblis ?

    WOWWW...d^^b Aku mau dalam rencana Allah untuk kemuliaanNya.

    ReplyDelete
  2. Kalimat yang "Membuat gue mau trus melakukan introspeksi diri dihadapan Tuhan setiap saat, apa yang gw lakukan itu sesuai kehendak dan kebenaran Tuhan pa ga, atau malah melenceng dari kebenaran Tuhan." dalem!

    Mari kita terus berjaga2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedalem apa tuh ?hahaha
      iya yukk trus berjaga2

      Delete
  3. Cool! Love this post! Terus berdoa dan berjaga2 serta selalu minta kasih karunia Tuhan agar kita tetap kuat berjalan dalam Dia hehehe~ Gbu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Only by His grace, kita bisa berdiri teguh dalam iman

      Delete