background

Japan - 2010




Merasa berhutang ga pernah membagikan hal, setelah setaun lalu mendapat kesempatan kesana,dan berpikir untuk menulis tentang Jepang, yang semenjak kejadian gempa kemarin, membuat gw semakin merasakan Tuhan baik , gw dikasih berkat ke Jepang for pure holiday , ternyata menurut informasi tour guide gw, tahun ini wisata di Jepang turun drastis,

"..Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah di dengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia, semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." (1 Kor 2:9 )

Itulah ayat yang cocok, saat denger gw dapetin kesempatan jalan-jalan ke Jepang..
Ga pernah punya impian kesana, ga pernah punya planning, karena disana kan terkenal dengan kota termahal diseluruh dunia, jadi ga pernah kepikir untuk kesana sedikit pun, and ga suka2 banget sama Jepang.



Selain karena hal diatas, I can said this is grace of God because :

1. ditawarin 1,5 bulan sebelum keberangkatan, dengan harga miring

2. Visa Jepang itu hampir sama kaya ausie, susah, paling ga pertimbangannya yang udah sering jalan-jalan keluar negeri berpengalaman bertahun2, punya deposit minimal berapa.. Yang jelas keluar negeri paling cuma Asia, terjauh Thailand,. and di pasport gw juga gak banyak cap, ga da visa apa2.. Anugerah bisa dapet..
Deposito boro-boro deh ada keluarga gw, bukan dari keluarga yang kaya,apalagi konglomerat, tabungan gw aja cuma brp,.Tapi emang Tuhan berkehendak, Tuhan yang lancarin,Tuhan buka semua jalan, visa keluar dalam waktu 1-2 mgg aja, dengan jaminan dari perusahaan yang yang mengadakan tour ini..

3. Harga miring, fasilitas sama sekali ga miring, karena itu tour dari travel khusus yang megang perusahaan2, jadi ga gabung sama travel2 lain,.
our group, with 2 tour guide ,kurang si oma + anaknya,

4. Pas saat ada spring, ngeliat bunga sakura yang khas Jepang.. Ngerasain dingin,tapi ga dingin banget.. pokokny PAS MANTAB deh

5. Pekerjaan gw ini susah ditinggal, suka dadakan, but selama gw pergi, itu email-email yang masuk yang harus gw tangani, dan pekerjaan lainnya ,ga mengharuskan gw ada disitu.wooohhooo, Tuhan menyertai bangetttt

Dan banyak hal unik dan pembelajaran selama di Jepang, dari hari pertama - terakhir dibuat terkagum-kagum sama satu negara ini , seperti melihat 10-20 tahun lagi negara Indonesia baru bisa seperti ini:
- Aiport yang injak pertama kali Kansai, pulau buatan yang dibuat dari kumpulan sampah-sampah yang menumpuk dinegara itu.

- Penjaga pintu tol nya bikin gw terkagum, dengan klo ada mobil yang mw bayar dia melayani dengan berdiri, dan BIG SMILE, salah satu contoh bahwa pbekerja disana benar2 pekerja keras dan menghargai customer ny. Pekerja lain ditempat perbelanjaan pun, seperti kasirnya mw bayar disapa , selesai bayar pun disapa panjang lebar dengan bahasa ny, yang gw ga ngerti artinya apa.

- Jarang menemukan tempat sampah milik toko tertentu, karena buang sampah disana mahal. So, jajan seharian kumpulin sampah, baru buang di hotel setelah pulang.

- Taksi nya canggih, cuma sayang gw ga bisa fotoin, pintunya kebuka otomatis, kita ga boleh pegang gagang pintunya..tahu dari salah 1 org group gw yang sempet memisahkan diri naik taksi, dan gw perhatikan memang benar

- Kesadaran dispilin hidup yang tinggi, tertib tanpa perlu diatur dan saling menghargai satu sama lain, bener2 acungan jempol buat masyarakat dijepang

- Mahal ? yang bikin tercengan salah satunya Biaya parkir untuk bus yang pas ge baca, fantastis harganya 4.000 Y, atau 400ribu..
astaga, astaga, mahal benerrrr.

- Tapi klo untuk harga jajanan , shopping masih bisa kebeli lha..
Sebelum berangkat, gw berpikir pasti disana gw ga bisa shopping, secara pasti semua harga muahal bener,.eh tapi bisa shopping juga kok gw, shopping dimal lagi, beliin oleh2,...
Yang paling cinta sih harga kosmetiknya,kecantikannya murah benerrr ya dengan kualitas jepang,tp karena bukan pecinta make up, jadi beli seadanya aja.
ya ga selangit yang dibayangkan sih harganya.


Dan masih ada banyak bonus2 yang bener2 gw berasa, ni anugerah Tuhan banget,
salah satunya gw bisa sampai ke station 5 gunung Fuji, yang seminggu sebelum gw dateng itu salju lebat, orang2 tour cuma bisa sampe station 1 aja, karena salju nya ga bisa buat bus naik..
Jangankan lagi musim peralihan dingin ke spring, lagi summer aja, klo gak lagi cuaca buruk, belum tentu bisa lihat gunung fuji dari deket and sampe station 5.
and gw Tuhan kasih gw kesempatan 15menit cerah terang benderang buat liat pemandangan yang indah (Tuhan paling ngerti gw banget), padahal sebelumnya lagi kabut banget. and tour guide pun mengakui bahwa jarang2 orang tour bisa dapet foto gunung Fuji sejelas pas group gw.

Mountain fuji from station 5, very clearly


senangnya menikmati berkat liburan dan belajar banyak hal.

Photobucket

No comments:

Post a Comment