background

Back on right track!

My last trip,gue tidak terlalu mempersiapkan itenary. Karena pas gue info klo gue ke sana,orang yg disana bilang mau atur akomodasi disana. Pas gue bilang mau ke sini sana dll, dia bilang beres. Jadi asumsi gue udah di atur nih,gue gak usah terlalu repot prepare itenary,mempelajari peta lokasi sampe gimana, secara yang mau anter orang asli sana. *Buat gue penting bgt mempelajari peta lokasi, spy bisa atur rute. maksimal trip gue, sedikit hari tapi bisa bnyk tujuan visitnya*

Ternyata asumsi gue salah, namanya juga asumsi. 2x gue nyasar! Rrrrr...
Nyasar yang pertama masih ga terlalu jauh. Sebenarnya gue udah feeling ini nyasar, karena arahnya udah beda banget dari tempat yg mau di tuju, tapi gue diemin aja.
Nyasar yang ke-2 ini bikin emosi. Kenapa bikin emosi? Gue baru tau ini nyasar setelah gue minta berhenti di warung dulu, dia nanya2 sama orang arah ke tempat tujuan. Lah, daritadi nyasar?? Kalau gue ga minta berhenti, bisa makin jauh nyasarnya. Bener2 udah emosi banget banget. Mana tadi kita udah nempuh jarak jauh banget pula.

Sepanjang jalan balik,hati gue udah mendidih, gundah gulana sendiri nahan emosi,karena bener2 kesel.  Ngebayangin musti lewatin lagi jalan yg panjang tadi. berkelok-kelok, tau sendiri ya pedalaman indonesia kaya apa jalannya bukit2 naik turun. Satu2ny yg bisa gue curhatin cuma Tuhan. And haleluya Tuhan bawa gue ke pembelajaran2 menarik lewat hal nyasar ini, beberapa diantaranya:

Our journey to God need map

Hidup kita di dunia seperti sebuah perjalanan menuju kembali ke rumah Bapa. Dan untuk berhasil dalam perjalanan dan sampai tujuan itu butuh peta. Peta dalam hidup ini adalah kebenaran Firman Tuhan alias alkitab. Karena itu seperti semua petunjuk arah semakin dekat dengan Bapa. Peta=kebenaran FT, Dijalan yang benar=melakukan kebenaran. Klo gak pake peta(gak lakuin kebenaran)=berarti nyasar. Melakukan kebenaran = melakukan kehendak Tuhan.

Amsal 30: 5 Semua firman Allah adalah murni. Ia adalah perisai bagi orang-orang yang berlindung pada-Nya

Depend on God not others
Harusnya gue yang mau menikmati dan mau berhasil trip gue,ya gue susun sendiri. Bukan bergantung pada orang lain untuk menikmati trip gue.
Seperti itu juga perjalanan rohani/kehidupan ini untuk sampai ke tujuan, ga bisa bergantung sama orang 100% (butuh orang lain tp bukan bergantung). Klo gue yang mau pergi melalukan perjalanan ya harus ada niat, gerak, usaha, keaktifan dari diri gue yang juga mau mepelajari peta mengenai hal-hal yang akan gue lewatin. Karena pada akhirnya seperti yang firman Tuhan bilang, tiap-tiap orang harus mempertanggung jawaban hidupnya dihadapan Tuhan secara pribadi(Ibr 4:13)

Klo bergantung sama orang,klo orang itu tanpa sadar bawa ke jalan nyasar gimana? Seperti gue pikir dia yg bawa gue kan orang asli sana, harusnya lebih tau jalan. Ternyata dia gak tau. Gubrak! Sama yang kita pikir dia tau ttg kekristenan,tp ternyata dia juga gak bener2 tau. Seperti zaman skrg banyak orang di sesatkan oleh ajaran sesat yg beda2 tipis sama kebenaran, tapi krn orang ga benar2 mengenal kebenaran jadi gampang disesatkan.

Buat yang single juga misalnya ttg memilih pasangan hidup, yang pasti ada kepentingan Tuhan dalam hub pria dan wanita. Tapi apakah kita punya alert yg tepat apakah dia adalah orang yang sama jalannya dengan kita? Terutama buat wanita yang akan berada dibawah otoritas suami nantinya, apakah pria ini orang yg tepat yg akan bawa kita/partner perjalanan yg serute utk semakin menuju tujuan yg Tuhan rancangkan atau semakin menjauhi? Jangan tertipu dengan katanya dia orang percaya, ternyata malah dibawa nyasar. (How do we know he/she really loves God?)

Klo kita sendiri mempelajari serius dan mengerti tentang peta(kebenaran) hidup, kita jadi punya alert apakah orang sekitar yg memperngaruhi kita atau kita sendiri berada pada jalan yang benar atau gak, untuk bisa membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
(Rom 12 :2)

Wasting time
Nyasar itu buang waktu, tenaga, lewatin lagi jalan yg sama tadi, akibat nyasar itu gue jadinya ada bbrp tempat yg ga bisa gue datengin.
Nyasar dalam hidup juga buang waktu, musti ngulang lagi lewatin hal yang sama. Mestinya Tuhan udah bawa kita jauh sampe mana, tapi krn kita sengaja/tidak sengaja nyasar jadi ngulur waktu sendiri, rugi sendiri.

Ya ada beberapa bagian gue yg salah dalam nyasar ini. Tidak mempersiapkan diri (mempelajari peta dengan sebenarnya), bergantung pada orang lain, kurang komunikasi mau kemana abis (pasrah mau diajak kemana lagi), males nanya, sungkan. Sebenarnya nyasar yang pertama kali gue udah ada feeling and tau klo itu nyasar, tapi gue sengaja diem,karena ga enak. Ya menuai sendiri deh gue akibatnya.

So, buat yang sengaja atau idak sengaja nyasar, cepet2 balik mumpung masih ada waktu untuk balik lagi (Tuhan Yesus belum dateng).Hehehe...Pikir panjang tentang ujung hidup kita mau kemana, mau hidup bareng Tuhan dalam kekekalan atau dalam nyala api neraka. Jangan pikir pendek untuk kesenangan dunia yang cuma sesaat.

Tau gak sih endingnya, memang ada kebaikan ya kalau semua udah dalam tangan Tuhan. Udah dikasih banyak pembelajaran, nyasar gue ini ternyata dipake sama Tuhan, supaya gue ga stuck di jalan. Jadi jalan ke arah kota itu lagi ada perbaikan jalan bbrp kilo,mengharuskan pake jalurnya gantian kurang lebih 1jam sekali. Jadi untuk nunggu giliran kendaraan bisa antri/stuck nunggu antrian sekitar 2jam-an, pas banget sama total waktu nyasar ke-2 gue. Begitu juga sekalipun kita udah nyasar, kalau udah balik Tuhan akan ubah itu semua jadi kebaikan(Roma 8:28)




Photobucket

2 comments:

  1. keren banget pelajaran nyasar kali ini Fel d^^b nice writing, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you..Tuhan keren ya, bisa pake hal yg nyebelin jd pembelajaran gini

      Delete