background

Percaya pemeliharaan Tuhan

Imamat 25:3-4
Selama enam tahun kamu harus menanami ladang-ladangmu, memangkas kebun-kebun anggurmu dan mengumpulkan hasil tanahmu. Tetapi setiap tahun yang ketujuh dikhususkan untuk TUHAN. Jadi sepanjang tahun itu tanah harus dibiarkan dan tak boleh dikerjakan. Jangan menanami ladang-ladang dan jangan memangkas pohon-pohon anggurmu
(BIS)

seandainya gue dikasih tau instruksi itu sama Tuhan, pasti juga akan akan bnyk pemikiran pertanyaan ttg kelangsungan hidup gue ke depan.
Hellowww mau makan apa gue nanti, berkebun yg jadi penopang buat makan sehari-hari, trus skrg selama setahun gak boleh di apa2in tanah nya. tapi Tuhan tau pasti akan ada yg bingung dan makanya Tuhan kasih tau

Imamat 25:20-21  Tetapi barangkali ada yang bertanya apa yang akan dimakan selama tahun ketujuh pada waktu tanah tidak ditanami dan hasilnya tidak dipungut. Dalam tahun keenam TUHAN akan memberkati tanah sehingga hasilnya cukup untuk tiga tahun. (BIS)

Cukup 3 tahun ?!!! Wow, Tuhan mikirin..Tuhan yg minta, Tuhan pikirin juga. 
Buat gue sih ini mujizat, yg lebih dari manna di padang gurun. Lewat Manna Tuhan minta hari sabat gak lakuin apa2, Tuhan cukupin manna yg turun pd hari ke6 cukup buat 2hari.  Skrg Tuhan minta bangsa Israel lakukan hal 'lebih besar', Tuhan lakuin juga perkara yg lebih besar, cukup 3tahun.. 

gue bayangin klo gue jadi orang Israel, biarpun bener,  tetapi hal 'luar biasa' ini diluar logika. pasti akan terbesit dalam pikiran gue bener ga ya ? Tuhan minta hal yg bisa dibilang gak masuk logika, biasa hasil setiap setahun sekali, hasil cukup setahun, ini 3 tahun. yakin cukup tuh Tuhan ? 

Taun ke 6, terakhir manen , mgkn juga nanem 
tapi tahun ke 7, gak boleh ngap2, gak boleh manen, apalagi nanem 
tahun ke-8, mau manen apa, taun ke7 kaga nanem. Biarpun taun ke6 nanem, gak mgkn bisa baru dipanen taun ke 8... tapi taun ke 8 boleh mulai nanem 
hasil nya taun ke 9,..persediaannya cukup sampe taun ke 9 

Imamat 25:22   Dalam tahun yang kedelapan kamu akan menabur, tetapi kamu akan makan dari hasil yang lama sampai kepada tahun yang kesembilan, sampai masuk hasilnya, kamu akan memakan yang lama. 

mgkn sangking suburnya kanaan, tapi mgkn yg pasti persedian biasanya buat setaun ini bisa 3 tahun, tapi tetep aja klo bukan tangan Tuhan kayanya gak mgkn.  

dari kisah ini belajar klo Tuhan minta lakuin apa, tunduk dan taat aja, belajar semakin percaya, gak usah pusing hal lain..misalnya nih  

"Yang bener aja Tuhan mau ak pilih kerjaan disini, yg klo di lihat dari kacamata ku nih, tidak ada jenjang karir, gaji nya kecil, lingkupannya kecil, kapan gue bnyk duitnya, dapet jodohnya, kapan gue berkembang nya ?" 

"Serius Tuhan aku di utus ke sini, lakuin ini itu, ntar gimana masa depan gue. Salah kali Tuhan." 

"Tuhan yakin klo memutuskan hub dgn dia yg jelas udah mau ngawinin gue, menjamin aku bakal married dan pasti dpt yg lebih baek ?"

Mempertanyakan Tuhan atau malah meragukan Tuhan, krn kita memperhitungkan sendiri bahwa secara logika kita, di depan itu berasa ada yg kurang / tidak sesuai perencanaan kita  

Sebenarnya sebelum Tuhan meminta, gak usah di tanyakan, Tuhan udah pikirin kelangsungan / kecukupan hidup kita.

Adam aja sblm Tuhan ciptakan, udah di siapain rencana dan fasilitas untuk Adam ngejalanin rencana Nya di bumi
 Bukan ciptain Adam dulu, trus Tuhan bilang
"Nah dam skrg Aku sudah menciptakan mu, Adam mau jadi apa ? mau ngap di dunia ?Adam mau makan apa ?"
 Adam bilang " Apa ya Tuhan, mau jadi ini aja deh..trus nanti ak juga mau makan ini itu Tuhan "
Allah : "ow gitu kamu mau nya..,  Bentar bentar ya Adam Aku rancangkan dulu hidup mu klo gitu, plus ak ciptakan dulu yg kamu mau" 

loh loh Tuhan ny siapa, yg ngatur siapa...Tuhan ciptain Adam dengan tujuan yang sudah di persiapkan dan untuk kelangsungan hidup Adam Tuhan udah siapin juga bijian2, dan tumbuhan buat jadi makanannya..Dia tau apa yg harus kita lakukan, cocok, pas, terbaik buat kita. 

Ef 2:10  Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya 

Israel Tuhan suruh keluar dr Mesir, bukan tanpa tujuan, tapi Tuhan udah siapin tanah Kanaan yg berlimpah susu dan madu.Dipadang gurun aja Tuhan setia memelihara, bahkan sampe kasut mereka aja kaga rusak sedikit pun.

Jadi hidup lah dalam rencanaNya , Percayalah pada yg Tuhan minta untuk kita lakukan dan percaya lah pada pemeliharaanNya selama kita menjalani apa yg Tuhan kehendaki

Photobucket

No comments:

Post a Comment