background

my job is my calling

Dilema setelah lulus kuliah adalah musti mikirin mau kerja dimana.
Pekerjaan utama yang bukan cuma sambilan yang sebelumnya gw lakuin, karena ini yang akan menyokong kebutuhan hidup gw. Kan gw gak bisa terus2an ngandelin orang tua lagi.
Dilema itu hampir dialami semua orang untuk melewati salah satu fase penting. Gw sendiri ngalemin sampe bikin pusing sakit kepala mikirin mau kerja dimana. Udah ngelamar bbrp tempat kerja juga, beberapa saudara gw nawarin juga untuk kerja ditempat nya.

Setelah gw tanya Tuhan, Tuhan mau nya gw pilih yang mana . Tuhan arahin gw untuk milih ditempat sekarang gw kerja yag masih ada relasi saudara. Bukan karena tawaran yang lebih menggiurkan dengan gaji yang lebih dibanding yang lain atau terjamin, tapi karena Tuhan yang mau gw disini.
Sejujurnya secara gaji, ini ngepas. Cuma balik lagi, Tuhan ajarin untuk gw bekerja bukan karena uang. Karena memang ada kepentingan Tuhan disana dan berhub sama misi gw. Jadi gw memantabkan untuk gw mau kerja ditempat skrg ini.
Sempet struggle, takut salah, "bener ga sih nih", krn memang klo dilihat ada hal2 yang ga enakin klo gw kerja ditempat ini. Awal2 setelah memutuskan dan beberapa bulan kerja ditempat sekarang, masih perusahaan saudara, gw dihujani banyak yang 'pertanyakan'
"Yakin mau disitu ?"
"Gak mau cari tempat lain ?"
" Enjoy ? "
" Mestinya cari pengalaman ditempat lain dulu"

Ya intinya mempertanyakan tentang 'keyakinan' gw bekerja ditempat ini.
Ada 2 kemungkinan orang mempertanyakan itu :
1. Melihat gw yang "suffer"
2. Melihat gw terlalu nyaman / do nothing

Bahkan dari keluarga2 gw sendiri yg berhubungan sama perusahaan ini, ga yakin klo gw bekerja disini adalah yang 'terbaik' buat gw. Gubrak kan ! gimana gak bikin pusing !
Komentar mereka :
"Ga berkembang"
" ga dapet jodoh lu ntar "
"Ga da pergaulan"

Memang klo denger kanan kiri, interupsi, pro kontra ngikutin pemikiran orang yang beda bikin pusing, mending fokus sama apa yang udah gw dapet aja dari Tuhan. Tuhan yang lebih tau gw harus kemana, harus ngapain, harus dimana. Gw dapetin kerja disini dari Tuhan and sambil gw jalanin dari awalnya yang bingung jadi mulai sedikit mengerti juga kenapa Tuhan mau gw disini.

Karena kurang lebih udah tau pekerjaan, sistem kerja, dan lingkungan kerja kaya apa sblmnya. Gw dah siap2 mental untuk beberapa hal pas memutuskan untuk kerja disini. Diantaranya gw akan sebutin bbrp dibawah.
Klo gw telusuri, tentang pekerjaan gw dan comment2 orang lain yang sampai sekarang kadang masih dilontarkan. Gw semakin yakin Tuhan memang mau gw disini. Terbukti dengan banyak hal yang Tuhan ajarin and proses lewat pekerjaan ini . .Dan melihat dari beberapa kejadian, yang semakin meyakinkan memang gw ga salah. Beberapa diantara nya mau gw share dibawah ini, kali aja bisa menginspirasi, hehehe

Banyak yang comment ttg gw ga akan berkembang klo kerja disini, and itu mempengaruhi gw juga, and siapin diri juga untuk hal ini. Tapi setelah dijalani, dipikir2, emang apa yang mau dikembang sih ? klo sesuai kebenaran kan bukan mengembangkan duit, tapi salah sayunya Talenta dan yang lebih penting mengembangkan roh kita dihadapan Tuhan, untuk diaplikasikan ke hidup sehari-hari. Mau kerja dimana aja, yg pntg dari kita nya mau mengembangkan diri pa ga. bukan dari pengaruh luar.

Klo ada yg bilang, cari pengalaman dulu diluar, baru bs pake pengalaman itu buat kantor ini. Mau sampe kapan cari pengalaman 'diluar', klo Tuhan bilang waktunya sekarang gw kerja disini.
Lagian ada Tuhan yang menolong gw untuk menghandle kerjaan ini. jadi, berkembang pa ga ?
Dari kacamata gw, yg gw alami dan lewati, gw bisa bilang gw berkembang banget. Tuhan banyak ajar gw disini, melatih karakter gw,contohnya: Kerjaan dikantor ini ga tentu / fixed jam nya, hari libur pun gw bisa kerja. Awal kerja sih nangis2 sendiri, kesel, merasa dibudak-in. Tapi Tuhan ajarin gw, untuk gw ga itung2an waktu sama pemimpin, belajar jadi penolong.

Kemampuan bahasa inggris gw juga jadi berkembang, biarpun belum expert. Bayangin aja, english gw dari yg bisa dibilang dibawah rata2, tapi gw dipercaya dan mau gak mau harus berhub sama client2 yang semuanya orang luar negri. Mau gak mau harus belajar melatih english gw
Klo lagi ngalamin hal ga enak di pekerjaan ini, gw suka mempertanyakan sama Tuhan lagi ttg pekerjaan ini, "bener ga sih Tuhan ?", karena kadang gw rasanya bener2 mau keluar dari kantor, tapi Tuhan selalu menjawab dan membuat gw yakin lagi. I'm here because of God and i'm not wrong step / way.

Soal temen / pergaulan, sempet jadi kepikiran, karena ini bukan perusahaan besar gimana, orang officenya sedikit. Karena lebih ke lapangan. Ga da partner yang bisa diajak hang out. Ntar temen gw smakin berkurang, pergaulan semakin sempit. Tapi hasilnya setelah gw jalani, pemikiran gw salah. Tuhan malah bukan cuma kasih temen, tetapi sahabat/ saudara2 seiman yang lebih berharga/ lebih dibutuhkan dari sekedar temen hang out.

Persiapan diri untuk hidup pas-pas-an .Yang gw bilang soal gaji, tidak menggiurkan buat gw.Trus tipe pemimpin gw, dr yang gw tau, paling jarang sekali naikin gaji pokok. Kenaikan gaji itu inisiatif dari bagian lain yg mengusulkan. Klo naik setaun sekali paling cuma seberapa. Ya udah deh siapin diri aja, abis Tuhan mau gw disini untuk kepentingan2, Tuhan yg cukupin. Karena Tuhan juga ajar gw untuk bekerja bukan karena dapet uang / gaji. Yang penting itu melakukan pekerjaan dulu, upah itu pasti mengikuti.
Klo denger gaji2 temen gw dibanding gw, rada 'ngenes' juga, sedih. Tapi balik fokus lagi, I do it for God. Ternyata lewat gaji yang 'ngepas' itu, Tuhan ajar gw soal mengatur keuangan dengan benar. Yang mana kebutuhan, mana keinginan. Abis2an diajar Tuhan soal manage uang ini.
Bener2 Tuhan yang ijinin ini supaya melatih gw deh.
Tapi biarpun gaji nya gak gitu besar, bukan berarti gw berkekurangan. Bener2 Tuhan cukupkan, bahkan bisa lebih. Bener pas-pas-an. Pas mau ini ada, pas mau itu ada..hahaha..
Selama gw kerja disini, gw bisa travelling keluar kota kesukaan gw minimal setaun sekali. Yang bikin orang nyangka nya gaji gw gede banget bisa sering jalan2.
Puji Tuhan seiring waktu, memang gaji ga naik. Tapi ternyata uang sampingan, sebut aja komisi itu bertambah, seiring bos gw mempercayakan banyak hal.
Dan amaze nya lagi baru bbrp bulan kmrn, status / pemikiran gw jarang / tidak ada kenaikan gaji itu tidak berlaku buat gw. Bos gw sendiri yg memutuskan gaji gw naik lebih dari yang gw bayangkan. Entahlah ada apa dengan bos . Ini sih memang karena Tuhan, klo gak ,gak mgkn.

Jodoh ?
Ini memang belum ke jawab, tapi gw percaya hal ini Tuhan yang take control.
Karena gw bekerja untuk Dia, memenuhi panggilan / kehendakNya. Gw anakNya and hidup gw ditulis olehNya. ya percaya aja lah sama apa yg sudah diatur olehNya.
Ya lucu juga klo gw kerja dengan motivasi supaya dapet jodoh..hahah

Dan memang masih banyak PR lainnya yg Tuhan gw mau belajar lewat pekerjaan gw ini, gw harus belajar semakin menjalankan fungsi gw dengan maksimal di kantor.

Klo melihat apa yang udah Tuhan lakuin buat gw lewat pekerjaan ini, skrg klo orang lain mau nanya / meragukan gw, ga bikin gw pusing atau bikin goyah. 
Klo ditanya sampai kapan gw disini "Sampe Tuhan yang nyuruh gw pindah"

Akhir kata 3tahun gw bekerja disini, gw yakin Tuhan yang mau gw disini sehub dengan kepentingan2 Dia , gw menikmati sampai saat ini dan melihat Tuhan juga menyertai

Photobucket

8 comments:

  1. Wahhh bener felis..
    pasti ada maksud Tuhan klo kita ada di suatu tempat.. :D jia yo felis :D

    ReplyDelete
  2. Hehehhehe...Dunia kerja memang terkesan menakutkan, tapi kalau pandangan mata kita sama Tuhan dan panggilannya, seeeeeeemmmuuuaaaa yang kita khawatirkan itu ternyata sia-sia. Bahkan kadang malu sendiri.

    Chayooo Fel. Terus jadi berkat, biar kehadiran kamu bisa bawa perubahan yang membawa perusahaan itu jadi maju + jadi berkat juga buat orang banyak. ;)

    ReplyDelete
  3. wuah, kak, postingan ini pas banget buat akuu.. thank you so much for the share yaahh!!! ^^ lagi nyari2 kerja, bergumul juga mau ditempatin Tuhan dimana.. faith bener2 diuji.. :S

    ReplyDelete
    Replies
    1. U're welcome Eunike, thanks God klo bs memberkati..
      Trus tanya Tuhan ya, mau tempatin kamu dimana lewat pekerjaan

      Delete
  4. Manteb dev. Suka banget postingan ini :)

    ReplyDelete