background

angkot

Lagi iseng pengen nge bahas dan cerita tentang angkutan umum alias angkot , plus pengalaman menggunakan jasa angkot.
Siapa yg sering naik angkutan umum di Jakarta ? *angkat tangan* (ga penting ya).
Klo di lingkungan komunitas gw, jarang sekali yang bersahabat sama angkot ini, gak terbiasa, malah ada yang anti.. yaa ga salah juga mereka.

Angkutan di Jakarta, and beberapa kota di Indonesia emang jauh dari nyaman.
Karena keputusan gw untuk sekolah agak jauh dr daerah sekitar rumah, kuliah di daerah grogol, and orang tua gw ga bisa fasilitasi dengan kendaraan. Resiko nya gw harus berusaha sendiri mencapai tempat tujuan menuntut ilmu itu dengan naik kendaraan umum.
Angkutan umum juga bukan hal yang asing sih buat gw, dari kecil lumayan kenal dengan angkutan umum, tapi paling seru and banyak pengalaman pas kuliah, itu bener2 baru sampe jauh2 setiap hari selama 3tahun, seru bener2 dah. 

Angkutan di Indonesia emang banyak yg kacau kondisi, kadang ada yang jauh dari layak,keamanan ga terjamin, ya secara keseluruhan dibanding beberapa negara2 lain itu jauh. Here opini list ga penting gw ttg jenis angkutan umum :

KWK,mikrolet,sejenisny (angkot kecil)
99% jorok,tidak terawat.

Bus Umum
-jadwal ga jelas
-pengamen
- premanny yg suka nungguin dihalte, penumpangnya dtg sendiri ke bus,eh preman nya yang malah minta duit,hampir tiap halte ada premanny. Tiap ada penumpang yg naik diminta duit
- berhentiny jalurnya ga jelas, bisa lari2an,ngejar..
- bus yg jadwalny ga jelas,pernah nunggu angkot patas 03 kali deres priok ,3jam.. Rekorrr!!!

Busway
- ruamenyaaaa,
Apalagi klo udah dihalte pusat,kaya harmoni,gw kan kecil,pendek, ga bs napas gw klo dipepet gtu
- supir klo mengendarai seenak jidat,ga berasa bawa manusia,
- jadwal sama ga pastinya , tapi pasti selalu ada, cuma klo bus nya kehalang sama macet bisa aja nunggu

Hal yg disebelin selama naik angkutan umum
- polusi
- asap rokok

Belajar Positif
- alernatif irit
- kemana-mana bisa,jadi banyak tau jalan
- belajar dari mereka,n sedikit tau tentang pedagang kaki lima, kenek, supir bus, jenis2 pengamen, bahkan tentang pencopet. Karena daripada gw bengong selama nunggu bus, or perjalanan, klo kira2 bisa diajak ngbrl yg ada di sekitar gw, gw ajak ngobrol.

Selama pengalaman naik bus semasa kuliah,krn hampir 95%gw pergi ngangkot sendiri, gw bener2 berasa Tuhan jagain banget dr yg namany copet, penjahat kelamin atau org iseng lainny..
rawan sih rawan,cm smua tergantung,penampilan,tampang qta, mengundang pa ga..
pernah skali doank gw hampir dicopet,karena gw lupa dekep tas gw ke depan ,n dia pura2 mau ikutan naik bus dibelakang gw. Padahal lagi sepi. Pas gw naik , nengok ke belakang ,gw liat dia ga ikut naik, curiga donk gw, pas liat tas gw, hualah kebuka seletingnya..
lansgung cek isi tas gw, untung ga da satu pun yang ilang.,of course God protect me !!

ya gw akuin naik angkutan itu bener2 rawan copet,apalagi klo pas jam pulang kerja, bejibun orang, dideket halte pada nunggu bus dateng,isinya bejubel.
Pernah karena pas gw lagi dapet kelas pengganti yg mengharuskan gw pulang pas jam kerja, bus yang gw mau naik , klo ga lama atau skali ada penuh banget udah gak mungkin bisa naik sangking berjubel nya, jadi gw ngobrol sama tukang jualan disitu yg suka gw ajak ngbrl klo lagi nunggu bus. waktu itu pernah sama tukang es podeng, topik yg di ajarin gw klo gw pas nunggu jam pulang kerja atau setelahnya,ngebedain pencopet ma org biasa, bener2 manteb dah !! Ga nyangka,gw bener2 ditengah2 pencopet yg banyak bgt..ngeliat cara kerja mereka,.

Mereka biasa duduk lebih tinggi,duduk ditiang pembatas, biar bisa liat keadaan sktr,.
Salah satu cara kerjanya itu,mereka pura2 naik juga sebagai penumpang (*spt yg gw pernah alami) ikut sengaja desek2an, terutama bus ga da ac,ntar dia turun lagi pas agak depan, pas bus lagi macet or lampu merah.

Belajar juga dari orang2 kehidupan pengemis itu kaya apa, karena sbnrny mereka pemalas.
makany gw ga prnh mw kasih klo pengemis,apalagi yg masih muda..
Ada pernah seorang ibu, hari apa dia minta2 duit alesanny ga punya ongkos mau pulang, eh besok minta lagi sama gw dengan alesanny sama pula..*buset dah ketawan skali actingnya*

Tapi di satu sisi gw kasian ma kondisi mereka, kondisi para anak jalanan, pengemis gitu, selama perjalanan dengan rute yang sama tiap hari, gw kadang tumpang tanganin doa dalam bus, kaya doa keliling aja buat kota jakarta supaya banyak yang ketemu kebenaran terang kristus.

biarpun emang rempong, ribet naik angkot, tapi jadi banyak belajar dan berasa penyertaan Tuhan

Photobucket

9 comments:

  1. Felis.. daku juga nihh langganan kendaraan umum. dulu juga pas s1 yaa naek kndaraan umum dari pademangan ke binus, itu jauhh boww.. 2jam!hahahaha. dari angkot, busway sm bus umum dah aku cobain. tapi so far pling enak busway mnrt-ku krna ga bau rokok. itu kelebihan-na.hehehe.

    bener bangeeed Felis, gue juga ngerasa gtuuuu.. penyertaan Tuhan bener2 sempurna boww.. =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo buat ku busway lama ,rame n muter2 jalannya kezz..mgkn krn dulu busway blm ada yg sampe ke priok juga..jd rempong..

      ya apapun itu, yg pntg qta bisa belajar & ngerasain penyertaan Tuhan ditengah2 situasi kota jakarta yg "rawan"

      Delete
  2. Jadi inget pepatah... Mikrolet itu banyak yang benci tapi selalu dinanti. Hahhahahahha..

    ReplyDelete
  3. Postingan yang ringan tapi bermakna... dulu juga gw dari SD kelas 4 - 6 bolak balik priuk rawasari naik bus 43... secara hum di priuk, skolah di rawasari... x_X jaooh aje..

    btw, dirimu itu kecil ? n pendek ? ah masa seh ?
    kok di foto2 keliatannya tinggi gede gitu yaah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jauh amat neng sekolah sd nya, di rawasari..

      Hahahah, foto kan bisa menipu, tergantung angle..

      Delete
    2. iya tuh emak gue... sekolahin gue jauh2. tapi awalnya kita emang tinggal di rawasari, trus pindah ke priuk heheheh

      Delete
  4. Cool! Sejak kecil aku jarang naek angkot hahahaah~ Puji Tuhan, selalu ada kendaraan untuk pulang pergi sekolah ataupun kantor :) kalau di surabaya kondisi angkotnya masih lumayan, at least lebih layak daripada Jakarta walau ga bisa dibilang baik juga hahahahha~

    Asik banget bisa tahu banyak hal dengan naik angkot :D heheheh~ termasuk sosial psikologi masyarakat :D sangat tersentuh dengan tindakanmu mendoakan angkot atau bis selagi berkeliling hahahah~ bukankah kita tidak pernah tahu kapan Tuhan akan bertindak bukan? ;) hehehe~ Gbu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa banyak belajar, Tuhan ajarin lewat hari2 yg aku lewatin..
      i mean, bukan doain angkot nya ya, tapi "sambil" doain sekeliling yg aku temui

      Delete