background

Semua butuh kebenaran

Segala sesuatu butuh roh kudus, butuh kebenaran, butuh Tuhan . Karena apa yang kita lihat , terjadi dari apa yang tidak kita lihat. Artinya apa yang kita hidup sehari-hari, semuanya berasal dari suatu alam yang tidak keliahatan, yaitu alam "roh"
Ibrani 11:1
"Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat"

Apa yang dibutuhkan di alam jasmani ?
Kebahagiaan ? Kesembuhan ? Keuangan yang merdeka ?
Semua jawaban dari itu semua ada dalam kebenaran , yang kita butuhkan adalah intimacy with God sesuai kebenaran bukan asal berdoa, tanpa komunikasi / hub intim dengan Tuhan

Seperti apakah butuh penting-nya kebenaran dalam hidup kita ?
Suatu hari Tuhan ajarkan gw seperti apa kebenaran itu dibutuhkan.
Pas hari ibadah raya ,begitu masuk ruang ibadah, panas banget. ternyata karena memang ada masalah dengan AC gedung. Alhasil selama ibadah gw kipas2 trus.
and Tuhan gw tanya Tuhan : "Belajar perumpamaan apa dari kejadian ini ya Dad ?"


Bayangkan, umpama ruangan yang panas ini seperti bumi yang sudah terkutuk, menuju kebinasaan / kehancuran.
Dan setiap orang butuh sesuatu yang membuatnya bisa bertahan di tengah dunia yang "bobrok" ini.
Seperti saat itu gw yang lagi butuh sesuatu supaya gw bisa bertahan di panas itu.
Yang gw perlukan adalah KIPAS / AC.
Tapi karena AC lagi rusak, ok kipas,. seperti itulah Firman Tuhan kebenaran dibutuhkan oleh devi / orang percaya untuk bisa bertahan hidup ditengan dunia seperti ini.

Klo gw gak kipas2, akan panas banget. Memang saat itu gw ga da kipas, tp untung sebelah gw ada kipas2 jadi gw terkena dampak angin dari kipasannya.
Itu seperti devi hidup ditengah orang2 percaya.
Jika devi sedang tidak melakukan kipas (berusaha baca firman sendiri), devi masih tetap bisa tertolong dari kepanasan.
Tapi akan lebih berasa klo devi melakukan kipas sendiri.

Dan memang benar, semakin hari, bersyukur banget semakin ngerti klo setiap manusia memang butuh kebenaran Firman Tuhan untuk hidup, klo gak ampun ampun deh.
Hidup suka2 aja, tanpa ada arah, batasan yang jelas.

dari hal kecil hari2 kita aja, MAKAN itu butuh kebenaran.
Lukas 12 : 23 (Mat 6:25)
"Sebab hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh lebih penting dari pada pakaian"
"hidup disini" bahasa aslinya  ψυχή psuchē (dibaca psoo-khay') yang artinya jiwa, bukan jasmani.

It means : Esensi hidup yang sesungguhnya, yang berasal dari dalam (jiwa & roh) lebih penting dari pada makan jasmani

Mengikuti nafsu makan juga bikin badan melar, berat badan naik, bikin sakit klo makan asal.
Sebab itu dalam taurat juga disebutkan beberapa makanan yang haram dan halal, yang sebenarnya memang untuk kepentingan kesehatan manusia .
Belajar mencukupkan diri soal makan, makan cukup. Gw pribadi udah belajar mendisplin diri soal makan, gak mau lagi makan buffet, krn buat apa makan sampe "maruk", spt kelaparan ga pernah makan, ga puas. Yang penting cukup.
Belajar mengurangi intensitas makan daging Babi, hahaha, junk food.
Belajar mengendalikan nafsu makan, juga berdampak mengendalikan nafsu / keinginan2 lain, seperti pikiran sia2,  nafsu belanja, hehehe

Itu aja makan butuh kebenaran, apalagi soal pilihan hidup yg "lebih" dari makan, seperti nemuin visi misi, menata hidup, hub sama Tuhan, doa puasa, persembahan, menentukan pekerjaan, interaksi dengan sesama, komunitas, pasangan hidup, semua butuh  dasar kebenaran dan ada dalam alkitab

Kebenaran Firman itu seperti terang, di dalam dunia yg "gelap", kebenaran firman seperti cahaya untuk kita bisa melangkah, menyadari keadaan sekitar, melihat diri sendiri .

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.(Yoh 1 ;1) 

Allah itu adalah terang. ( Kel 24:10  Lalu mereka melihat Allah Israel; kaki-Nya berjejak pada sesuatu yang buatannya seperti lantai dari batu nilam dan yang terangnya seperti langit yang cerah)
Firman Tuhan itu adalah kebenaran 
(2Sam 7:28  ...Engkaulah Allah dan segala firman-Mulah kebenaran;..)

Maz 119:160  Dasar firman-Mu adalah kebenaran dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya.

Yoh 17:17  Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran

Kita butuh terang dalam berjalan di dunia lewat kebenaran firman Tuhan
Ams 119:105  Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. 

dan Tuhan mau memberikan terang itu untuk kita
Yes 42:16  Aku mau memimpin orang-orang buta di jalan yang tidak mereka kenal, dan mau membawa mereka berjalan di jalan-jalan yang tidak mereka kenal. Aku mau membuat kegelapan yang di depan mereka menjadi terang dan tanah yang berkeluk-keluk menjadi tanah yang rata. Itulah hal-hal yang hendak Kulakukan kepada mereka, yang pasti akan Kulaksanakan.


yang belum rajin baca alkitab yuk mari kita sama2 lebih rajin baca dan renungkan firman Tuhan.
Semua mua mua nya yang kita cari, butuhkan ada dalam alkitab. Dari baca alkitab itu, kita smakin mengenal Tuhan, ngerti Tuhan mau nya apa sih.
Supaya hidup yang kita jalani itu sesuai visi misi yang memang Tuhan rancangkan dari semula, supaya hidup kita maksimal, ga asal2an or flat or gitu2 aja..

Be blessed !

Photobucket

12 comments:

  1. waaaaawwwww... guuud nihhh felis perumpamaannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuhan sendiri yang ajarin ke aku perumpamaan nya,.. Hikmat Tuhan luar biasa ya memang,..Praise the Lord :D

      Delete
  2. setujuuuuuuuuuuu banget ... ciaooo dev, terus warnai dunia dengan pikiran baru yangberisikan kebenaran yang memerdekakan .. Lv

    ReplyDelete
    Replies
    1. amien amien, thanks buat penyemangatannya

      Delete
  3. Hahaha, nebeng kipas nih ceritanya :P harusnya minta kipasin lebih kenceng, sekalian jadi amal ibadah hehehe.. Great thoughts, new insights :)

    ReplyDelete
  4. soal kipaasss... wooow, itu bener2 kena banget euy, simple dan mungkin keliatannya sepeleh, tapi setelah diterjemahakan oleh hikmah Tuhan, itu jadi hal yang bener2 kerennn abisss... bener banget tuh, kita emang kudu hidup di tengah2 orang percaya, jadi di tengah dunia yang panas ini, paling tidak kalo kipas kita ilang / rusak, kita masih bisa merasakan angin dari orang sekitar kita yang tentunya memiliki kipas....

    love thisss ^^

    ReplyDelete
  5. Ketampar-tampar di bagian makan dan mengendalikan diri T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk, kita belajar bareng2 semakin mempraktekkan kebenaran firman Tuhan dalam hidup kita ^0^

      Delete
  6. euh bner banget yaaa yg kipas2 itu, gw jg br ngedong dr crt lu pot.. emg klo gak dpt kebenaran firman tuh berasa bgt lost in somewhere.. semangat depot, trs dptin kebenaran dan keep sharing yaa, biar kita trs dpt berkat dr crt2 lu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus dah klo bikin bnyk yg ngerti dari kipas2..
      Amin amien klo cerita2 gw bisa jadi berkat,..

      Delete