background

Love language, God and me

Pernah gak ngerasain, saat kita cerita panggilan/janji/hal yang Tuhan kasih ke kita, seperti diremehkan orang, bukan diremehkan gimana sih, cuma tidak terlalu di"anggep". Kita udah cerita antusias, responnya malah biasa aja. Tadinya udah udah berkobar2 api, denger respon orang jadi kaya dipadamkan lagi. Dan jadi merasa ragu apa yang kita dapetin, ini bener ga ya dari Tuhan  ?

Seperti Yusuf yang waktu menceritakan tentang mimpinya Kejadian 37:7 " Tampak kita sedang di ladang mengikat berkas-berkas gandum, lalu bangkitlah berkasku dan tegak berdiri; kemudian datanglah berkas-berkas kamu sekalian mengelilingi dan sujud menyembah kepada berkasku itu." 

Respon saudara2 Yusuf , Kejadian 37:8  Lalu saudara-saudaranya berkata kepadanya: "Apakah engkau ingin menjadi raja atas kami? Apakah engkau ingin berkuasa atas kami?" Jadi makin bencilah mereka kepadanya karena mimpinya dan karena perkataannya itu.
Yusuf semakin dibenci karena mimpinya.

Hampir seperti itu secara garis besar yang pernah gw alami, dapet respon yang biasa aja, ada yang aneh , karena gw dianggep "aneh" cerita sama apa yang gw dapetin,
bedanya Yusuf tidak patah semangat, tetep fokus pada apa visi yang dia dapetin dari Tuhan. Klo gw langsung down denger respon orang2 tentang visi yang gw dapet, padahal respon mereka ga separah respon sodara2 yusuf. Gw langsung ragu itu bener dari Tuhan pa ga.

Hal ini jadi pertanyaan di pikiran gw, gimana bedain itu dari Tuhan, bener gak gw dapet dari Tuhan, klo bener kenapa respon orang2 sekitar gw seperti ga support.

Tuhan jawab , secara bertahap ngajarin gw yang kadang suka lama nangkep dan ga ngerti karena masih suka pake pengertian gw sendiri, hehehe

And gw dapetin jelas and ngerti jawaban maksud Tuhan lewat gw baca buku before 30 philip mantofa and Leslie Ludy ;seta-apart girl magazine

Learn from Before 30
Philip Mantofa kasih contoh , hub dia dengan kekasihnya yg skrg istrinya. Bagaimana dia memperlakukan istrinya, berkomunikasi,bagaimana melepas rindu dengan nyimpan sehelai rambut istrinya saat masih bangun hub itu bisa di nikmati  .
Mereka punya bahasa kasih tersendiri yang tidak dapat dimengerti oleh orang lain. Seperti nyimpen sehelai rambut istrinya, dibilang orang kan aneh, tapi buat mereka be2 enggak aneh, and itu sangat menolong hubungan mereka.

Sama hal-nya yang kita lakukan dengan Tuhan, pribadi, belom tentu dimengerti oleh orang lain.
Tuhan dan gw juga punya bahasa kasih tersendiri, memang cuma antara gw and Tuhan yang ngerti. Gw punya cara menikmati dengan Tuhan itu punya polanya sendiri. Yang orang lain belum tentu ngerti . Karena Tuhan yang ciptain gw, dia yang paling tau cara memperlakukan gw secara personal. Intimacy with God, it's personal, not general.

Learn from Leslie Ludy - Set aparat girl magazine
Lukas 2:19  Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya

Maria ketika menerima berita ia akan mengandung dari buah roh kudus, tidak langsung curhat kemana2, tapi Maria menyimpannya dalam hati dan merenungkannya.

Tidak semuanya harus dibuka, di umumkan, diceritakan ke orang banyak. Karena belum waktunya dam belum tentu dimengerti oleh orang lain. Dan Leslie juga bilang bahwa itu menjadi misteri feminitas kita.
Akan ada waktunya nanti hal2 itu akan terungkap pada waktu-Nya , supaya jelas bahwa Tuhan lah yang berpekara, bekerja.

Seperti hubungan gw dengan best friend gw, dulu sangking deketnya,sering bareng setiap hari, gw udah ngerti gaya bahasa tubuh dia. Klo lagi bareng menghadapi situasi, dengan tatapan kode mata aja gw dah tau maksud dia apa.  

Hal2 pribadi, janji2 Tuhan buat hidup gw,rencana2 yang Tuhan kasih tau, gak bisa ceritain / ungkapin semua. Karena pasti ada yang ga ngerti, bahkan ke orang yang paling deket sekalipun. Mungkin nanti ada anggapan gw terlalu nge-roh, bahkan bisa ngeri, dibilang ngeri bener gw ngawang2.

Biar nanti akan gw jelasin pada waktu-Nya memang Tuhan mau gw jelasin. Semua akan jelas, nyata, bahwa Tuhan itu nyata di hidup gw, berpekara atas hidup gw.

Lewat pengertian di atas, gw jadi mengerti dan ga ngerasa gw aneh sendiri, karena memang itu cara Tuhan ke gw, personal. Apa yang gw dapetin itu hasil hubungan pribadi gw dengan Tuhan, klo gw dapetin sesuatu, gw gak sibuk buat menceritakan dulu, update status , post twitter / blog, tapi gw simpen dalam hati, tulis di jurnal, renungin dan uji apakah benar dari Tuhan pa gak. And after that fokus ke Tuhan, apa yang harus gw lakuin untuk hal yang gw dapetin itu terjadi.

Ibarat film, film ini belum selesai syuting, cuma gw yang ngerti jalan ceritnya gimana, sampai mana. Klo filmnya udah jadi, baru bisa di tontonkan ke orang2 karena sudah lengkap alur ceritanya.

Photobucket

11 comments:

  1. ktampar2 nih diriku Fel, aku kan suka cerita, suka ngbrol, jadi perkara menyimpan dalam hati nih pergumulan banget dah T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bermaksud "menampar" mu loh kak, hahaha

      Delete
    2. bukan dirimu aja meg, yg kenak tampar, kayakna pribadi gw jg ikut ditampar ama postingannya felisia..
      thanks for sharing ya fel.
      keep posting.
      God bless

      Delete
    3. duh, kena tampar lagi li , hahaha
      ya , u'r welcome

      Delete
  2. Bener dehh Felis. buat orang yang bawel dan suka cerita, bersikap seperti Maria itu susaaaaaaaaaaaaahh bangeeed..hehehehe. tapi yaaa bener, kita harus bijaksana dan hati2 dengan apa yang keluar dari mulut kita.hoho.. Go Felis!

    ReplyDelete
    Replies
    1. GO KEZIA TOO !!!
      hahahah
      Having Maria heart itu, emang gampang gampang susah ya..

      Delete
  3. postingannya bagus neh... emang susah susah gampang kalau mo punya hati kaya maria, apa lagi buat tipikal orang kaya gue yang suka ngocehhh.. hehhehheh *tutup muka*

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya kamu suka ngoceh ya mel, mau tau aku ,hahah..ketemu yuk kapan-kapan

      Delete
    2. nyook... aku dah reply PM kamu di fb heheheheh

      Delete
  4. Yup, there are a lot of things (rencana & kehendak Tuhan dalam hidup kita) that are personal ... Cuman between us and God, and gak dimengerti orang lain ... and butuh waktu utk ditest :)

    BUT ... harus inget juga satu hal, yaitu: rencana dan kehendak Tuhan GAK akan pernah bertentangan with who HE IS, who He says He is, and dengan FirmanNya. Jadi, misalnya orang pengen married sama yang gak seiman. Pasti ada orang yg pake alasan "Tuhan bukakan hal ini utk gw koq. This is personal between me and God. Tuhan mau gw jalin hubungan ini dengan cowok gw yg gak seiman ini", and diem2 gak cerita ama siapa2 karena kan mau kayak Maria hehehe I can tell you, ini bukan nge-roh tapi memanipulasi hubungannya dgn Tuhan. Why? Karena bertentangan ama Firman Tuhan. FirTu jelas2 bilang gak boleh jalin hubungan ama yg gak seiman. Apalagi nih kalo sampe ortu juga gak setuju. Nah, itu lebih red alert lagi karena FirTu jelas2 bilang kita harus respect & SUBMIT ama ortu. Jadi gimana mungkin Tuhan goes back on His own word? Gak mungkin :)

    Kayaknya comment daku rada2 gak nyambung with your point in this posting, tapi cuman pengen share that aja .. supaya kita juga gak sembarangan memakai nama Tuhan utk kepentingan/visi pribadi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ci shinta, gpp.
      Sebagai tambahan juga, jangan sampai yang baca jadi salah mengartikan ini sebagai pembenaran / pembelaan diri.
      mungkin karena aku tidak menulis contoh kali ya.

      Yang pasti Tuhan klo kasih something, pasti berdasarkan kebenaran Firman Tuhan.
      Bukan cuma bawa-bawa nama Tuhan, pdhl dapetin iman kebenaran aja gak atau hub sama Tuhan tidak ada.

      Dan bener banget, iman, pengharapn, janji atau apa yang Tuhan kasih pasti tidak bertentangan dengan kebenaran FirTu, and tidak menjadi batu sandungan

      Delete