background

Thanksgiving Thursday : body system

Thanksgiving Thursday
Minggu2 ini bener2 lagi bersyukur sama tubuh kita manusia, yang diciptakan luar biasa.

Beberapa minggu lalu saat gw ibadah, pendeta-nya menyinggung tentang pencangkokan ginjal, banyak yang gagal. After that, gw nanya sama saudara gw yang ibadah bareng, kenapa bisa gitu,
and dia jawab, "Karena ginjal yang dicangkok itu kan, organ baru, tubuh ga kenal, sedangkan sistem tubuh kita itu, udah di-set, mematikan organ tubuh yang tidak dikenal. Jadi ginjal yang dicangkok itu kan organ baru, tubuh ga kenal,jadi berusaha "mematikan", makanya bisa gagal", kurang lebih gitu penjelasan sodara gw..
Sungguh gw baru tau klo sistem tubuh kita kaya gitu, How awesome our body system!

and gw juga dijelasin tentang sistem tubuh gerak reflek,yang dalam hitungan se-persekian detik dari mata langsung dikirim ke tangan/kaki,ga ke otak dulu (*sistem otomatisnya keren ) contohnya kaya gw kemarin kejatuhan buku pas di toko buku, gw pertama kaga tau mau ketimpa apa, langsung menangkis, setelah nangkis baru tau, ow buku tadi gw hampir kejatuhan buku..

Sedikit nge bahas juga tentang otak juga,.Sodara gw cerita ada seorang profesor yang meneliti otak tikus, profesor ini sudah mengerti sistem otak tikus seperti apa, tapi untuk mepresentasikannya profesor ini butuh 16.000 Tetrabyte hardisk (*klo ga salah ya,pokoknya banyak dah dalam hitungan Tetrabyte, tapi tetep aja buanyak buanget) buat menyimpan data untuk penjelasannya sistem otak tikus.. Itu baru tikus, gimana otak manusia, gimana penjelasan sistem tubuh kita ,butuh kapasitas berapa Tetra hardisk.. and of course lebih luar biasa , lebih amaze Tuhan kita yang ciptain tubuh kita yang amaze ini.

Belum lagi klo dijelasin detail sistem reporoduksi, pernafasan  jantung dan lain-lain..Bisa gw makin terkagum-kagum deh gw sama karya Tuhan ciptain sistem tubuh kita.

And gw lagi baca buku This is your brain in Joy by Dr. Earl Henslin, versi Indonesia nya "Inilah Otak anda ketika bahagia", terbitan Light Publishing. Dari judulnya tau donk, nge bahas apa, tentang otak sisi bahagia aja menggunakan kata2 , penjelasan yang sudah di-sederhanakan, lewat baca buku ini makin kagum lah sama sistem tubuh yang Tuhan ciptakan.

Dibuku ini ditulis, "...bahwa manusia secara harafiah mengubah tampilan otak mereka dan bahwa proses ini terus berlanjut (selama anda belajar dan bertumbuh) sampai Anda mati."
"...bahkan tengkorak yang Anda miliki sekarang bukanlah tengkorak yang Anda miliki tiga bulan yang lalu. Setiap molekul dan atom yang membentuk tengkorak Anda akan berubah dalam waktu tiga bulan. Sel-sel dalam perut Anda berubah setiap lima menit"
*baru tau gw

Mazmur 139:14
"Aku besyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib: ajaib apa yang Kau buat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya"

(This post is writing to Thanksgiving Thursday, a program made to remind us to continuosly count our blessings. Come and join us, or just simply come and read stories from other people. Clik HERE)
Photobucket

6 comments:

  1. huaaaa.....tubuh kita keren ya, terkagum2 awak ni kau buat Lis ^^ *baru tau juga* TUHAN kita luar biasa ya....

    ReplyDelete
  2. aku baru tulis sedikit bgt loh,klo kita telusuri lebih lagi, bikin makin terkagum-kagum banget banget sama Tuhan yang ciptain tubuh kita..

    ReplyDelete
  3. Yayyy, aku sempet komen jg nihh, hehhehe..
    Beeehh, Fel, kl ngomongin tubuh manusia tuh ribet banget dahh, bahkan ampe skrg pun manusia tuh belum bener2 ngerti semuanya ttg sistem tubuh kita ini. Di pelajaranku, msh buanyak bgt penyakit2 yg blm diketahui penyebabnya, ato autoimmune diseases, yaitu penyakit yg disebabkan krn daya tahan tubuhnya sendiri, tp kok bs terjadi kayak gt tuh kita msh ga tau kenapa. Luar biasa ya, Tuhan kita Tuhan yg detail, berseni bgt, ampe bikin badan kita yg terlihat simpel ini sebegitu rumitnya, hehe..

    Biar manusia ga sombong yah tuh.. Tubuh sendiri aja msh gak kenal, apanya yg mau disombongin?

    ReplyDelete
  4. Pernah belajar ngebentuk wajah dari tanah liat. Langsung berasa banget kalo Tuhan emang luar biasa. DIA bisa menciptakan detil2 kecil yang dengan tanah liat yang gampang diubah2 aja saya gak gitu gampang bikin wajah.

    ReplyDelete
  5. Wow.. Point of view yang unik :) Tapi emang tubuh kita diciptain super ajaib, belum lagi kalo kita udah terbiasa dengan sistem tubuh kita, mau tidur jam berapapun, otomatis bangun jam yang sesuai dengan jam biasanya kita bangun :D hehe..

    Thanks for the writings.. It's a thing to remind us being thankful :D

    ReplyDelete
  6. @sylvia : iya nih bu dokter, mau bnyk nanya diri mu soal tubuh, yg setiap mempelajari..
    betul benget tuh, tubuh sendiri aja dipelajarin ga abis2, apalagi Tuhan yang lebih besar

    @Evaristus :emang ya pikiran qta blm sampe ke "kebesaran Tuhan", ga akan bisa menandingi Tuhan.

    @Xiang Thio : bener super ajaib, kekebalan tubuh itu loh yg unik, ditengah dunia yang semakin banyak virus, bakteri, dll aja puji Tuhan banget kita masih bisa hidup

    ReplyDelete