background

Kuasa Perjanjian

Marriage adalah sebuah perjanjian (covenant)

Dengan statement ini, buat gue pernikahan tidak gimana-gimana amat. Biasa aja. Karena sepertinya kebanyakan pernikahan ya biasa aja, lebih banyak negatif malah iya. Mau sama-sama Kristen juga bisa selingkuh, bahkan cerai. Apalagi dengan kata 'covenant', di otak gue yang kepikir awal2, kaya perjanjian kontrak job, kerjasama, rumah yang ada batas waktu akhir nya.
Katanya sih convenant (perjanjian) dan kontrak itu beda. Tapi jujur awalnya gue masih tidak bisa melihat perbedaan itu dengan jelas.

Seperti yang gue pernah ceritakan dipost panggilan menikah, gue sedikit 'takut' sama yang namanya pernikahan. Ketika menikah sepertinya cewe siap untuk disakiti, pokoknya hal-hal gak enak deh. Jadi image pernikahan buat gue, tidak semulia dan tidak seindah menurut Tuhan.

Tapi bersyukur lewat bimbingan pra nikah, gue mulai di cuci otaknya, untuk melihat pernikahan menurut Allah, sang Pencipta pernikahan itu sendiri. Dan lebih lagi Tuhan ajarin gue untuk mengerti ttg arti perjanjian lewat kejadian ini.


Waktu itu salah satu temen baik gue menikah di Bali. Gue seneng banget ada kesempatan ini, karena lewat momen ini gue bukan cuma karena bisa dateng ke pernikahannya, tapi sekalian gue pergi liburan bareng temen2 gue yg mmg biasa jalan... So excited and happy! As ussual gue udah repot siapin itinerary dll dari jauh-jauh hari.

Tapi, tiba2 gak da angin gak da ujan, alias 2 hari sebelum hari keberangkatan gue jatuh sakit meriang. Padahal hari sebelumnya gue sehat walafiat, ga da tanda-tanda gue lagi kecapean atau gak enak badan (emang semua sakit juga tiba2 ye sbnrnya, hehehe). Ide gue, supaya cepet sembuh, n pergi tanpa gangguan, gue langsung ke dokter biar dikasih antibiotik.

Tapi besoknya, gue bukan tambah sembuh malah makin parah. Gue gak bisa bangun, lemes, gak bisa masuk makanan, muntah2 mulu, pokoknya bukan tambah baek deh. Malah dirumah gue ga da orang, karena lagi pada liburan smua pula.

Dengan kondisi kaya gitu, rasanya beneran gue pengen batalin pergi ke bali n smua rencana - rugi, rugi deh! Abis gue sakit begini, mau berdiri aja susah apalagi jalan. Tapi gue mikir lagi ... ini temen baek gue yang menikah dan gue jadi bridesmaid, gue juga dititipin barang, udah janjian juga sama temen2 gue buat jalan2.

Dilemaaaa! Mau maksain kaya gimana bingung. Bayangin aja, jumat pergi, rabu gue drop, kamis bukan tambah baek malah makin sakit.
Dipikiran gue udah macem2 aja klo gue kena penyakit apa, gimana klo harus diopname,dll..

Pas gue bilang pengen gak pergi aja (nyerah), calon gue bilang, "Usahain dulu, klo sampe emang kamu parah, dinyatakan emang gak boleh pergi, atau kudu opname, baru bilang emang harus batal. Karena pikiran kamu juga mempengaruhi." Doi ngmg gitu karena gue emang udah parno kan takut knp2, karena bener2 tak berdaya...hahahha

Ya udah, jadinya pagi2 banget sebelum ke bandara, gue bela2in nyari dokter dan ternyata penyebabnya karena salah satu obat yang dikasih dokter sebelumnya kena ke lambung gue. OOoollalala...pantes..
Karena udah tau penyebab jadinya, sekalipun masih sakit, gue tetep pergi.. Sekalipun harus pergi dengan baju tebal jaket kaya mau ke gunung, sedangkan yang lain perrgi dengan bercelana pendek, baju setipis mungkin karena mau nyantai di pantai ... wkwkwk. Beriman lah gue disana juga akan sembuh, karena dikasih obat juga.

Ini gue bela2in pergi karena memang gue tau gue tidak sakit parah dan karena gue udah janji bantuin di pernikahan temen gue dan janjian mau extend mau jalan2.Disimpulkan gue bela2in karena gue SUDAH BERJANJI dan merasa bertanggung jawab untuk memenuhi janji gue itu.Dari yg awalnya gue merasa udah gak mungkin pergi, tapi karena tau ini bisa pergi, gue makin bela2in.
Puji Tuhan, memang akhirnya dengan tiba2 juga, malam sebelum hari H gue sembuh... Memang ada maksud Tuhan untuk gue mengalami ini.

Lewat kejadian ini, Tuhan kasih pengertian serta pelajaran ke gue yang akan menikah (maap ya ceritanya ttg married terus, maklum lah hari2ny lagi prepare married), salah satunya membuat gue mengerti kenapa pernikahan itu butuh PERJANJIAN, VOW di acara pemberkatan. Tuhan tau pernikahan itu tidak semulus jalan tol, pasti ada konflik dan masalah, oleh sebab itu sebelum pernikahan itu dimulai gue butuh membuat perjanjian,karena inilah yang membuat gue akan berjuang dan bertahan dalam pernikahan.

Dan membuat semakin menyadari apa pengaruh perjanjian dalam hidup gue.

Gue gak akan bahas ttg pernikahan spt apa, krn gue juga cm baru tau scr teori. Tp lebih ke guna janji pernikahan yg Tuhan lg ajarin buat gue.

Jadi, janji nikah itu memang bukan sekedar liturgi semata karena biasa pemberkatan memang ada, tapi karena memang diperlukan untuk mempertahankan pernikahan itu. Dan janji pernikahan yang telah diucapkan dihadapan Allah di saksikan Gembala, jemaat dan keluarga, nantinya akan dipertanggung jawabkan di hadapan Tuhan. (Matius 12:36)

Ehm, setelah dipikir-pikir, memang janji, komitmen itu memang ngaruh dan menjadi bagian dari hidup kita sih sebagai pengikut Kristus. 

Gue bisa ada sampai hari ini dengan segala yang ada, gue bs ttp belajar untuk memilih hidup still on God's track, akhirnya bisa dapet calon pasangan yang anak Tuhan, dll ... karena gue inget komitmen gue sama Tuhan Yesus ketika gue harus memutuskan segala sesuatu ... salah satunya gue pernah berjanji klo gue memang tidak mau asal pacaran dan akan menikah dengan yang seiman.
Semakin jelas ya bahwa memang pernikahan seperti gambaran Kristus dan jemaat.

Sebegitu powerful kekuatan perjanjian itu, gak heran selain karena merupakan itu gambaran Kristus dan jemaat - Tuhan melindungi pernikahan itu sendiri dengan perjanjian.

Film Ode to my father
Film ini direkomendasi sama pembina BPN kita, dan dari film

Gue prnh nonton film korea 'ode to my father' yang direkomendasi sama pembina BPN gue, untuk mengerti ttg perjanjian yang bisa mengubah hidup seseorang... Dan memang lewat film ini gue jadi semakin mengerti seperti apa kuasa perjanjian itu dan sebegitunya hal itu akan mengubah hidup seseorang.

Perjanjian / komitmen gue dengan Tuhan mampu mengubahkan hidup gue, serta menjaga hidup gue. Begitu juga lewat perjanjian yg akan gue ucapkan di hari pernikahan, itu juga pasti nanti akan membawa perubahan dalam hidup gue. Perubahan seperti apa? Gue juga belum tau.. yang pasti setiap keputusan gue nantinya akan dipengaruhi oleh janji yang akan gue buat dalam janji nikah nnt. (No wonder, orang banyak bilang menikah mmg akan mengubah hidup orang.)

Jika pernikahan kita adalah gambaran Kristus dan jemaat, hendaklah kita belajar seperti Kristus yang menepati, menghidupi apa yang dijanjikan. Karena Tuhan sendiri yg menjadi teladan, bahwa janji itu memang harus ditepati. Seperti Ia telah berjanji pada Nuh, Abraham, Daud.

Oh Lord, terima kasih atas pengertian akan kebenaranMu. Aku mohon penyertaan dan bimbinganMu untuk aku menghidupi kebenaran ini.

Photobucket

3 comments:

  1. aku lebih melihat perjanjian itu lebih ke menghargai orang yang berjanji dengan kita dan bertanggungjwb dengan apa yang kita katakan fel. Selain itu juga bisa utk mengungkapkan "kasih" yang tidak diucapkan dengan kata-kata.

    perjanjian yang paling teringat saat ini dan masih berkesan sampe sekarang, wkt tahun lalu, aku udah janji buat kerja bareng dengan teman di Batam, jd sekalian rencana nyebrang bareng ke singapura hehe..


    Empat hari sebelum jadwal ke Batam, aku jatuh dari motor dan pingsan. Syukurnya stlh scan kepala, kepalaku aman aja, cuman yang parah itu tangan kiri ku yang terkilir hebat dan gak bisa digerakkan sedikit pun karena sakitnya. Ya.. dgn kata lain, sebenarnya aku cukup aman utk pergi, hanya tidak cukup nyaman dgn kondisi tanganku.

    Tapi aku sudah berjanji utk ke batam, dan temenku itu dari Jakarta juga sudah beli tiket dan udah di acc utk ke batam dari pimpinannya. Benar2 merasa gak enak hati aku klo gak dtg, pdhal temenku ini udah mikir jalan2 bareng liburan ke singapura dari 1 bulan sebelumnya.. Jadi aku bilang, aku usahain datang, tp yaa dgn kondisi spt ini, jd gak bisa benar2 "traveling gila" kaya biasa. Dan dia pun berjanji utk gak maksain kondisi fisikku.

    di Batam, dia bantuin bawain tas ku. pas nginep di hotel kami 1 kamar, aku tau dia itu klo tidur itu gak pernah tenang, lasak, muter2 tidurnya. tp disitu dia tidur bnr2 tenang, yg aku bisa tau kalo dia itu sebetulnya tidur gak nyenyak karena benar2 menjaga cara tidurnya supaya gak kena tangan kiriku. dia jg ikatin rambutku krn aku gak bisa ikat rambut sendiri, pegangin piringku wkt makan spy piringku gak gerak...

    sampe aku bilang ke dia makasi banyak udah banyak bantu aku, dan dia juga blg makasi krn mau usahain tetap dtg walopun dgn kondisi yg spt ini...
    disini berasa senangnya punya teman yang benar2 teman.. :)


    jd ketika kita melakukan perjanjian itu, secara tidak langsung, kita juga mengorbankan keinginan pribadi kita utk tujuan yang telah kita tetapkan bersama..

    menurutku lho yaa.. :D maaf jd ikutan sharing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Nov, memang dibutuhkan orang yang bertanggung jawab untuk membuat suatu janji dan melihat sebuah janji itu penting

      Delete
    2. 1 lg janji yg penting.. Janji Tuhan kepada manusia utk tidak mendatangkan air bah lagi melalui pelangi.. Janji yg menunjukkan cinta Tuhan ke manusia (masa Nuh) .. :)

      Delete