background

Museum

Post kali ini mau sedikit mengemukakan pandangan dan opini gue terhadap museum di Indonesia. Museum biasanya berhubungan dengan sejarah sesuatu.

Yang sedang gue amati, kenapa museum di negara kita adalah sesuatu hal yang tidak banyak diminati oleh bangsa kita sendiri, termasuk gue dulu.

Pertama kali gue ke museum itu tentu nya pas masih dibangku sekolah dasar, piknik atau study tour. Ke beberapa museum di Jakarta, tapi yang jujurnya klo bukan karena itu acara sekolah dan boleh milih mau nya gak ke museum, karena gak menarik aja.
Kenapa ya begitu ? Apa memang budaya kita tidak cinta dengan museum, yang artinya tidak cinta untuk mengenal sejarah negara nya ?? tanya diri masing2 deh ya

Gue mulai sedikit tertarik (tapi baru sedikit) dengan museum saat berkunjung ke Museum Purna Bhakti Pertiwi bukan bareng sekolah, tapi bareng saudara. Lokasi museum nya depan pintu gerbang TMII, klo dari tol dulu bentuknya kaya nasi tumpeng. Udah ngeh ? ada yang pernah masuk juga ? Disitu dipamerkan koleksi2 milik negara selama pemerintahan Soeharto & bu tien yang kebanyakan diberikan oleh negara sahabat. Yang paling kagum waktu itu gue liat rancang giok yang dikasih negara cina. Beneran kagum pas liat, museum ini yang lumayan nyaman dibanding museum lain saat masih kecil gue kunjungin.

Waktu gue jalan2 ke singapore tepatnya ke sentosa island, disitu kan ada museum tentang singapore ya namanya Image of Singapore. Disitu gue masuk dan menikmati sekali. Emang awalnya buat foto2 karena menarik, tetapi karena gue pergi dengan orang yang klo ke museum bukan cuma buat foto, tapi bener2 memperhatikan sejarah, bikin gue jadi tertegur dan belajar ke museum bener2 untuk tau tentang isi museum bukan untuk foto. Dan gue mikir, gue ke museum negara lain bayar mahal mau, tapi ke museum negara sendiri jarang atau males. Dari situ sdkt miris dan mulai prihatin kenapa ya bangsa kita kurang menyukai museum. Kejadian ini yang membuat gue belajar untuk mau tau tentang Indonesia lebih lagi dan semakin prihatin dengan ketidak pedulian bangsa kita dengan sejarah bangsa kita sendiri.

Museum diluar negeri bayar mahal mau dimasukin, museum dinegara sendiri yang murah banget sekitar cuma ribuan rupiah, bahkan banyak juga gratis gak mau dikunjungin. Klo ke museum ketemu nya sama orang asing terus yang serius pengen tau isi museum, klo orang indonesia buat foto2, gubrak !! tapi kenyataan..hahah..

Tour guide yang suka gue tanya2 klo ke museum, selalu bilang banyakan orang asing yang berkunjung. Hellow, orang asing aja peduli sama sejarah kita, masa kita bangsa sendiri gak mau tau or peduli ?

Gue klo bilang mau ke museum atau selalu nyelipin mampir ke museum klo lagi jalan ke luar kota, kebanyakan (malah hampir semua kali ya) pada respon heran ngapain gue ke museum kaya kurang kerjaan katanya..hhahaha..(jadi gue yg aneh sendiri)

Lewat museum gue belajar untuk mengenali sesuatu atau sejarah bangsa ini ,walaupun belum banyak, karena susah kan nyari temen yang suka ke museum juga dan coba membandingkan, memang museum di Indonesia itu dibanding negara tetangga dari kenyamanan sama tampilan jauh. Tataan dan penyusunannya standard, cuma lemari kaca dan keterangan, alias ala kadar dan seperlunya. Coba klo museum di luar negeri, modern banget mereka bikin ilustrasi dengan buat suasana dan patung2 nya untuk melukiskan keterangan atau tulisan, sampe gak perlu pake tour guide juga udah cukup jelas.

Monas cukup ok sih ilustrasinya dengan patung kecil. Sejauh ini dari yang udah gue kunjungin, museum modern , nyaman dan bagus museum Bank Indonesia cukup lengkap dengan replika dan beberapa alat peraga. Trus Museum binatang di Batu Malang juga keren.

Oh iya udah pada tau belum Museum benda Alkitab juga ada , dari museum ini ga usah jauh2 ke Israel or Yesusalem dulu untuk bisa tau benda2 yang disebutkan di Alkitab dan semakin bisa mengerti konteks alkitab serta perumpamaan. Selain suka di adakan saat pameran kristiani, museum tetap nya ada.

Ahh, jadi pengen melanjutkan trip ke beberapa museum di Jakarta jadinya.

dalam post ini pengen mengajak kalian semua untuk mulai belajar mengenal sejarah, apalagi yang berhub dengan kita, karena dunia yg ada skrg, lingkungan atau keadaan kita skrg karena sejarah itu.
memang kita tidak hidup dengan masa lalu (sejarah, apalagi jika negatif), tetapi seenggaknya kita bisa tau dan belajar dari sejarah itu

Photobucket

4 comments:

  1. ah, very refreshing stuff Fel, good stuff to read after a tiring day.

    Also a big lover of History here and also wondering why we don't go to museums often (>?<)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) lagi mikir lagi, selain banyak hiburan yang lebih menarik, mungkin skrg segala informasi sudah bisa dapet dengan googling

      Delete
  2. jadi pengen maen ke museum balanga di palangka raya dan buat postingannya, hohohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. maen gih kak, dan kasih tau ke kita2 apa isi museum atau sejarah kota palangka / suku dayak

      Delete