background

Negeri di atas awan : Bromo

"oh elo belum ke Bromo , udah bisa ke sini, sana, tapi ke Bromo belum"
Tuh kalimat jadi buat gue penasaran, emang Bromo sebagus itu sampe harus dikunjungin.
sejujurnya Bromo ga pernah ada di list trip gue, karena tempatnya udah 'umum'. Dan biasanya apa yang orang bilang bagus, asli nya biasa aja.
Jadi biasanya gue lebih memilih ke tempat yang ga umum dikunjungin turis lokal pada umumnya.
Karena klo udah kebanyakan turis lokal, biasaya tuh tempat gak gitu terawat karena yang dateng suka seenaknya, banyak yang gak punya rasa memiliki untuk merawat pariwisata di negeri sendiri.
karena penasaran dengan kata orang2 ttg Bromo yang keren, akhirnya pas diajak sama temen gue yang udah perna kesana, gue ayok dah
Kita memilih rute dari Malang, penginapan di daerah cemorong Lawang.
Katanya sih ada 3 pilihan daerah penginapan, namanya gw ga tau apa aja, cuma yang paling banyak penginapan dan bbrp murah dan kita dapetin hasil dari meng google di Cemoro Lawang.

Hari pertama melewati pegunungan untuk sampai di Cemoro Lawang, gw udah jatuh cinta sama suasana nya. Emang suasana begini yang gue demen, (soalnya udah sumpek di kota Jakarta, hehehe). Pemandangan depan hotel kita langsung Bromo, melihat Bromo dari kejauhan bikin ga sabar untuk menjelajahi Bromo besok.
Malemnya gw gak bisa tidur nyenyak karena kedinginan, padahal udah tidur pake jaket, kaos kaki, sarung tangan.

Hari ke-2 Bangun subuh dengan semangat sambil menahan dingin, udah ga tau brp derajat, tapi itu amat sangat dingin. Gue ga nyangka bisa sedingin itu. Kebetulan penginapan kita tepat dipintu masuk wisata Bromo. Melihat Mobil Jeep ramai memasuki daerah Bromo.

Karena kondisi masih gelap, selama perjalanan menuju spot melihat sunrise, yang terlihat cuma lampu mobil lain, yang dirasa mobil berjalan melalui jalanan yg agak offroad, menaiki tanjakan.

Sampai diatas, karena kita berangkat agak terlambat , mobil sudah mengantri parkir dari brp km dari tempat tujuan, yang akhirnya harus jalan (krn ga sanggup naik ojek) ke tempat tujuan, mengejar melihat sunset. (ini gak enaknya pergi long weekend, rame)
Dipuncak, udah banyak banget manusia yang menanti moment sunrise. Gw udah cari2 tempat yg pas, sampe nyempal nyempil sana sini, tetep ga bisa liat dengan posisi uenak.
Moment sunset lewat, baru deh cari spot yang pas buat foto2.
Tapi emang WOW banget pemandangan dari atas situ, melihat 3gunung sekaligus Gunung Semeru, Bromo dan Batok. Foto yang gue lihat dari internet, persis seperti apa yg gue liat aslinya.

Setelah puas foto di spot sunrise, kita pindah ke spot2 lain.

Tadi pas perjalanan ke spot sunrise kan masih gelap ya masih,cuma keliatan lampu mobil.
Pas kita mau turun buat ke spot lain udah ada sinar matahari, baru keliatan tuh kondisi jalanan yg sebenarnya kaya apa, jurang langsung ada disebelah jalanan disertai kondisi jalan yang berbatu2, bolong,. ga nyadar tadi subuh nanjak kondisi nya begitu.

my favourite spot : Savana ato orang bilangnya bukit teletubbies karena gundukan bukitnya mirip kaya di serial teletubies.

Bener2 suka spot disini, gue pikir cuma ada di luar negri, gak nyangka ada suasana dan pemandangan kaya gini di Indonesia, Pulau Jawa pula yang padat penduduk.

Pasir Berbisik .
Dari namanya aja jelas ya, yang diliat cuma pasir.  Dikasih nama pasir berbisik karena film pasir berbisik' yg dibintangi Dian Sastro , dulu syuting nya di sini.

Kawah Gunung Bromo.

Keliatannya sih deket ya jalan ke atas liat kawah, ternyata jauh oiiii ga salah sewa kuda biarpun agak mahal 100rb. Baru kali ini naik kuda di jalan yang menanjak, pertama2 sih ngeri udah kebayang takut gw nyungsep gimana.,hahaha.. lama2 asik juga...

Mampir ke air terjun deket bromo, Madakaripura.. dulu tempat pertapaan Gajah Mada *klo ga salah* ato majapahit gitu.

klo mau kesana siap2 basah, karena air terjunnya tinggi, kita ga sampe air terjunnya bener2 karena gak bawa baju cadangan lagi,dan gak mau basah. padahal udah jalan lumayan masuknya.

Buat kita 1malem di Bromo cukup banget, karena wisatanya cuma gunung Bromo. Disekitar penginapan ga da apa2 lagi, paling air terjun itu.
Jadi kita plan ke Batu Malang untuk next nya. Karena penasaran sama Jatim Park dan museum nya.
Dan emang bagus (lebih ke modern) kebun binatang di Jatim Park 2 (kebun binatang plus wahana) dan museum binatangnya kerenn ! Is like in "Night at Museum" movie.
Jatim Park

Museum

Pulang-nya kita memilih lewat Surabaya, ngelewatin daerah yg kena lumpur lapindo, ampun ternyata udah meluasnya jauh bangett.
Bandara Surabaya ternyata lebih modern dibanding bandara Jakarta

Jadi, wisata Bromo itu wajib dan kudu didatengin buat yang ngaku suka traveling alam.
Kapan lagi naik gunung liat sunrise ga perlu repot susah2 jalan berhari2.

Lagi-lagi wisata Indonesia membuat pengen bikin balik lagi.

Photobucket

1. Duhhhh, makin pengen ke sana. Tapi dingin bangeett yaaa....

1. Subuh dan pagi itu dingin banget las,siapin perlengkapan perang aja, hahahah.. udah siang sih gak..cuma pake kaos bisa..

2. belum pernah kesana. seru juga keliatannya

3. GRAAAAAAA, pengen kesanaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!! T________T btw, dirimu disana ambil tour gitu yah? booking via online kah? :P

1. Hehhe, mupeng ya ? Iya sempetin deh pergi ke bromo, bagus bangett !!!! Aku pergi sendiri eunike, gak pake tour..

2. ooooo, tp buat liatin sunrise, ke kawah dkk gitu, ada dari pihak penginapan yah?

3. tinggal sewa jeep aja Eun dari subuh sampe siang, disana sewa jeep banyak banget, Setau ku semua yang masuk ke daerah Gunung Bromo harus naik Jeep.. ntar diajak muter2 sama jeep nya, mau ke spot mana.. sore nya sewa jeep ,liat sunset juga bisa
      googling aja, banyak banget informasi yang bisa di dapat.. Sebelum ke suatu tempat , aku prepare semua hasil googling, cari tau sebanyak2nya..